11 Penyair Bisa Pilih Baca di Panggung atau di atas Perahu

11 Penyair Bisa Pilih Baca di Panggung atau di atas Perahu

harijadi.Bojonegorokab.go.id

BojonegoroToday – BOJONEGORO –  Festival Bengawan Bojonegoro sebagai even menyambut Hari Jadi Bojonegoro yang ke-337 pada 16 Oktober nanti rencananya akan menghadirkan sejumlah penyair untuk membaca puisi di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Disampaikan oleh Panitia Penyelenggara Festival Bengawan Bojonegoro Arie Muryoko, Jumat (3/9) kepada Antara bahwa para penyair dijadwalkan akan mengisi acara Festival Bengawan Bojonegoro (FBS) dengan membaca puisi dari 11 kota di Jawa. Mulai dari Jakarta, Semarang, Solo, Sragen, Tegal, Ngawi, Lamongan, Tuban, Nganjuk, Malang, dan Blitar.

Bukan hanya dari luar kota saja, penyair dari Bojonegoro sendiri juga akan disiapkan untuk memeriahkan acara HUT Bojonegoro ini, demikian tandas Arie.

Para penyair yang dijadwakan tampil tersebut sudah banyak berkecimpung dalam dunia pertunjukan puisi. Mereka juga sudah banyak menelurkan karya-karya puisi yang berkualitas. Sehingga kehadiran para penyair ini akan membuat suasana Festival Bengawan Solo menjadi menarik.

Arie yang juga merangkap sebagai Ketua Komunitas Sastra Etnik di Bojonegoro.juga menyatakan bahwa menariknya pertunjukan seni puisi dalam Festival ini adalah para penyair nantinya akan tampil dengan pilihan lokasi yang dekat dengan alam.

Acara baca puisi Festival Bengawan Bojonegoro tersebut akan disiapkan di atas panggung yang memanfaatkan tiga perahu besar dan bertempat di bagian utara Sungai Bengawan Solo di Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro.

Bukan hanya itu, panggung acara juga akan dilengkapi dengan  lima perahu hias di samping panggung dan berjajar mengapung di atas air.

Karena tidak semua orang berani membaca puisi di atas perahu. Maka penyair nanti bisa memilih untuk tampil di panggung utama di daratan atau memilih membaca puisi di atas perahu yang mengapung di air, demikian katanya.

Sensasi ini, kata Arie, akan membuat seni sastra lebih menyatu dengan alam.

Panitia juga nantinya akan berencana memasang layar di lokasi FBS agar para penonton di daratan bisa menyaksikan pertunjukkan dengan jelas. Lampu-lampu yang akan mendukung suasana malam di acara tersebut juga disiapkan panitia. (mah)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *