80 Persen Perusahaan di Bojonegoro Belum Daftarkan Karyawan ke BPJS

80 Persen Perusahaan di Bojonegoro Belum Daftarkan Karyawan ke BPJS

MoU Sadar Jamsostek di Sulawesi Utara. Foto: bpjsketenagakerjaan.go.id

BojonegoroToday – Bojonegoro,  – Kesadaran pengusaha di Kota Ledre Bojonegoro untuk mendaftar Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan ternyata masih rendah.

Ahmad Fauzan selaku Kepala Bidang Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bojonegoro, Kamis (2/10) kemarin mengatakan , saat ini di Kabupaten Bojonegoro masih ada sekitar 1.747 perusahaan yang belum mendaftarkan tenaga kerjanya di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bojonegoro, demikian dikutip dari harianbhirawa.

Artinya sekitar 80% persen perusahaan belum memberikan hak karyawannya. Sementara yang sudah mendaftarkan karyawannya ke BPJS hanya  492 perusahaan saja.

Ahmad menyatakan bahwa rincian dari 1.747 perusahaan tersebut adalah 156 perusahaan kelas menengah dan 75 perusahaan kelas besar. Sementara itu sebanyak 1.416 perusahaan aktif bayar pajak, namun belum terdaftar ke BPJS ketenagakerjaan.

Penanganan masalah ini ditindaklanjuti dengan adanya jalinan kerja sama antara BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bojonegoro dengan kejaksaan, pemkab, dinas Pekerjaan Umum untuk menuntut pihak perusahaan yang mangkir agar segera mendaftarkan karyawannya ke BPJS ketenagakerjaan.  Jika perusahaan tersebut enggan, maka akan ada sanksi yang akan diterapkan dengan tegas.

Sanksi yang diberikan bagi perusahaan yang tidak mendaftarkan tenagaerjanya ke BPJS ketenagakerjaan cabang Bojonegoro adalah penutupan izin usaha, demikian kata Ahmad dengan tegas.

Sebelumnya, Ahmad mengatakan, pemkab dalam hal ini Bupati Bojonegoro juga sudah membuat MoU bersama pihak BPJS ketenagakerjaan Cabang Bojonegoro tertanggal 21 Juli lalu.

MoU tersebut berisi kesepakatan untuk memperluas kepesertaan BPJS tenaga kerja melalui administrasi perizinan kepada pelaku usaha dan atau perusahaan serta peserta tender proyek pemerintah Kabupaten Bojonegoro. (mah)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *