Bojonegoro Bangun Portal KA Baru

Bojonegoro Bangun Portal KA Baru

BojonegoroToday – Guna menyiasati ramainya lalu lintas Kereta Api (KA) di Kabupaten Bojonegoro, sebanyak tujuh portal atau palang di perlintasan jalur rel ganda kereta api (KA) akan segera dibangun oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro.

Rencananya portal akan dibangun di berbagai wilayah yakni satu portal di Kecamatan Kapas, Baureno, Gayam, serta dua portal di wilayah Kecamatan Kalitidu dan Sumberejo.

Pada hari Selasa lalu (19/8) A. Zakky Sidqon, Kasi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Bojonegoro mengungkapkan bahwa biaya pembangunan 7 portal ini masih sedang dalam fase pengusulan lewat APBD Perubahan 2014. Biayanya mencapai Rp. 1,4 miliar.

Selain itu Pemkab juga mengajukan usulan kepada Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, untuk mempercepat realisasi pembangunan dua portal di Kecamatan Balen. Alasannya karena jalur lalu lintas KA di daerah Balen kini mulai padat dengan dijalankannya jalur ganda rel KA.

Untuk mendukung langkah dalam penanganan portal KA yang lebih baik, pihaknya sudah pernah melakukan survei ke daerah Tegal, Jawa Tengah. Daerah tersebut dipilih karena dilalui jalur KA Jakarta-Surabaya.

Portal di daerah Tegal terdiri dari 12 portal yang sudah dibangun sejak 2008. Portal tersebut memperkerjakan petugas penjaga dengan tenaga kontrak Dishub, dengan gaji yang diberikan dari APBD untuk membayar tenaga kontrak tersebut hingga mencapai Rp. 2 miliar setiap tahun.

Sehari-hari banyak masyarakat yang melintas jalur rel KA tersebut. Sehingga sejak dibukanya jalur rel ganda KA Jakarta-Surabaya, menurutnya telah membuat daerah tersebut menjadi rawan insiden kecelakaan. (MAH)

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *