Bojonegoro Masuk 3 Besar Gerakan Sayang Ibu se-Jatim

gerakan sayang ibu bojonegoro

Foto : suarabojonegoro.com

BojonegoroToday – Kabupaten Bojonegoro mendapatkan posisi 3 besar untuk peringkat GSI (Gerakan Sayang Ibu) terbaik se Jawa Timur. Secara khusus kecamatan yang mencapai angka index GSI terbaik adalah kecamatan Malo, Kecamatan Gondang, Kecamatan Sekar, dan Kecamatan Ngambon.

Kabar bagus ini sebagaimana disampaikan oleh Bapak Sekda Soehadi Moeljono pada (11/9/2014) dalam rapat koordinasi untuk penilaian GSI tingkat Jatim.

Selain Bojonegoro, 2 wilayah lainnya yang ada dalam peringkat 3 besar GSI adalah kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang dan Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi. Rencananya dalam waktu dekat akan ada penilaian langsung di lapangan. Saingan terkuat adalah Kecamatan Donomulyo, Malang, yang tahun lalu menyabet gelar GSI terbaik.

Bojonegoro sendiri mewakilkan kepada Kecamatan Malo, yang mana tidak ada angka kematian ibu, bahkan selama 8 tahun terakhir. Kecamatan Malo mewakili Bojonegoro dalam penilaian GSI terbaik tingkat propinsi, yang mana beberapa kriteria penilaiannya adalah ada atau tidaknya satgas yang mengurus GSI dan seberapa baguskah pemetaan ibu hamil.

Selain beberapa kriteria diatas, pihak penilai akan melihat juga pada peran pemerintah, baik kabupaten maupun desa, dalam mensukseskan GSI. Program dan inovasi apa sajakah yang sudah dijalankan, termasuk kegiatan Kebun Sehat Begizi Posyandu (KSBP). 

GSI adalah program dari pemerintah untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi, peningkatan kualitas hidup perempuan, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia. (mah)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *