Dampak El Nino mulai Kebakaran Hutan Hingga Kekurangan Pangan

Dampak El Nino mulai Kebakaran Hutan Hingga Kekurangan Pangan

Foto: Telegraph

BojonegoroToday – Kemarau diprediksi akan terus berlanjut hingga bulan Desember oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Dampak dari El Nino bisa mengakibatkan bencana yang lebih parah mulai dari ancaman kekeringan, kebakaran hutan maupun pemukiman, hingga kekurangan pangan.

Guna mencegah hal-hal yang mengkhawatirkan pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur, memberikan instruksi kepada 28 camat. Mereka diminta untuk melakukan sosialisasi dan edukasi pada masyarakat terkait ancaman El Nino, demikian dilansir dari situs resmi kominfo.jatimprov.go.id.

Instruksi tersebut merupakan hasil tindak lanjut dari surat Menteri Dalam Negeri pada Tgl. 25 Juli 2014 lalu terkait dengan antisipasi untuk menghadapi El Nino. DemikianĀ diungkapkan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro Amir Syahid, pada hari Jumat (29/8/2014).

Pihak camat diharapkan menjelaskan pada masyarakat bahwa di musim kemarau ini mereka harus menghemat air dan selalu waspada dengan hal-hal yang bisa memicu kebakaran.

Pemkab lebih lanjut juga memberikan instruksi untuk pencegahan dampak El Nino kepada seluruh jajarannya. Pihak Pemkab meminta Dinas Pengairan untuk menjelaskan masalah kemarau dan dampak El Nino ini kepada petani agar mereka menanam komoditas pertanian yang sesuai untuk musim kemarau. Sementara pihak Dinas Perhutanan dan Perkebunan diminta untuk mengantisipasi kebakaran hutan dengan melarang pembukaan kawasan hutan dengan cara dibakar. (mah/kominfo.jatimprov.go.id)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *