Even FBS, Bojonegoro Uji Coba Rute Bengawan Solo

Even FBS, Bojonegoro Uji Coba Rute Bengawan Solo

Foto: Istimewa

BojonegoroToday – Bojonegoro – Festival Bengawan Solo (FBS) untuk memperingati HUT Ke-337 Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur akan menampilkan beragam keindahan perahu hias pada Tgl. 14- 16 Oktober 2014.

Guna mensukseskan acara tersebut sejumlah tim dari pihak Panitia FBS di Kabupaten Bojonegoro melakukan uji coba menelusuri jalur yang akan dilewati peserta di sepanjang sungai mulai dari Bendung Gerak, Desa Ngringinrejo, Kalitidu, hingga Taman Bengawan Solo (TBS), Rabu (1/10/2014).

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara FBS Bojonegoro M. Kuzaini, penelusuran sungai Bengawan Solo dengan perahu karet ini sebagai bagian dari uji coba untuk melalui jalur yang akan dilewati para peserta dengan perahu hias dalam even FBS.

Agar tidak terhalang jembatan bambu yang dibuat warga untuk menyeberang sungai, Kuzaini menyatakan bahwa kemungkinan jembatan-jembatan yang ada akan dibuka untuk sementara waktu selamat perayaaan ini untuk  menyambut lewatnya perahu-perahu hias FBS.

Para peserta FBS direncanakan akan melaju di atas perahu-perahu cantik yang dihias mulai dari Bendung Gerak hingga TBS di Desa Ledokwetan, Kecamatan Kota atau Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk. Jarak yang dilewati kira-kira sepanjang 20 kilometer dengan waktu tempuh sekitar dua jam.

Selain parade perahu hias, agenda dalam acara Festival Bengawan Bojonegoro salah satunya adalah membaca puisi di atas perahu di TBS. Sejumlah penyair dari berbagai daerah di Indonesia akan hadir untuk memeriahkan acara ini. Mereka akan membaca syair di atas panggung perahu yang akan disiapkan pihak panitia. (mah)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *