Jelang Idul Adha, Harga Cabe Naik

Penjual cabe merah di pasar tradisional

Penjual cabe merah di pasar tradisional

BojonegoroToday – Harga cabe di Bojonegoro mulai merangkak naik. Ini disebabkan karena tingginya permintaan terhadap cabe menjelang hari raya Idul Adha.

Hal tersebut diamini oleh Basuki, Kepala Disperindag Bojonegoro bahwa harga cabe sedikit demi sedikit mengalami kenaikan, dan tentu saja ini membuat petani cabe semakin untung.

“Kalau saat naik berarti momen ini berkah bagi petani, karena selama ini petani sudah sangat lama tercekik karena harga panenannya anjlok”, komentar Basuki kepada wartawan pada (29/9/2014).

Pada hari-hari sebelumnya selama musim kemarau ini, harga cabe di Bojonegoro mengalami penurunan. Ini membuat petani cabe resah dan mengarap pihak pemerintah memberikan solusi, diantaranya para petani meminta agar diadakan pelatihan pengolahan cabe menjadi barang siap konsumsi.

Selain kenaikan harga cabe merah, kenaikan juga dialami oleh cabe hijau, bawang merah, dan bawang putih walaupun tidak terlalu signifikan. Amiatu, seorang pedagang di pasar Kalitidu mengonfirmasi hal ini.

Harga saat ini cabe merah menyentuh angka Rp 25.000 per kg, meningkat tajam dari sebelumnya hanya Rp 8.000 per kg. Untuk harga cabe hijau, bawang merah, dan bawang putih kenaikan hanya terpaut Rp 2.000 per kg dari harga sebelumnya. (mah)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *