Liputan KKN BBM Unair 2014: UNAIR Ajari Warga Sumberarum Menyuntik Sapi

Liputan KKN BBM Unair 2014

Spanduk Seminar Ternak di Sumberarum Bojonegoro. Foto: BojonegoroToday

BojonegoroToday – Seminar Kuliah Kerja Nyata – Belajar Bersama Masyarakat (KKN-BBM) Universitas Airlangga Surabaya untuk memberikan informasi dan edukasi tentang peternakan telah usai digelar Sabtu Tgl. 23 Agustus 2014 lalu bertempat di Balai Desa Sumberarum Kecamatan Dander, Bojonegoro.

Acara tersebut setidaknya dihadiri sekitar 20 orang dari masing-masing perwakilan dari  kelompok ternak yang ada di desa tersebut. Acara disambut oleh Kepala Desa Sumberarum, Bapak Sugeng dengan pembicara dosen Fakultas Kedokteran Hewan Unair, Dr. Herry Agoes Hermadi, M.si, drh. Tema yang dibahas adalah sistem manajemen ternak sapi untuk menghasilkan ternak yang produktif.

Pihak mahasiswa KKN BBM Unair juga membagikan modul makalah sebagai bahan bacaan terkait tema tersebut. Penjelasan dalam makalah sangat lengkap mulai dari tahap awal pembibitan hingga pemanfaatan kotoran ternak.

Penjelasan juga meliputi takaran dalam membuat makanan yang bergizi untuk sapi, proses pembuatan pupuk kandang, dan berbagai hal teknis untuk menciptakan formula obat dan pakan sapi guna meningkatkan kualitas sapi yang dihasilkan.

Presentasi seminar yang dibawakan oleh Dr. Herry Agoes Hermadi, M.si, drh. dari Fakultas Kedokteran Hewan Unair tersebut mengajarkan masyarakat untuk merawat sapi dengan benar. Ia menyatakan bahwa sudah saatnya mindset warga diubah.

Selama ini warga umumnya sekedar membuat sapi kenyang dengan makanan saja. Padahal menurut Dr. Herry hal itu tidaklah cukup. Alasannya  sapi juga butuh untuk diberi vitamin dan perawatan kesehatan yang tepat agar sehat, demikian paparnya dalam seminar.

Dalam penjelasannya hari Sabtu lalu (23/8/2014), DR. Herry juga mendemonstrasikan cara menyuntik obat maupun vitamin ke tubuh sapi.

Proses dilakukan dengan lembut dan perlahan agar sapi tidak kaget dan berontak. Akibat yang ditimbulkan bisa serius, karena peternak bisa ditendang jika tidak hati-hati saat pemberian suntikan.

Mula-mula bagian belakang sapi yang hendak disuntik diusap-usap dengan lembut agar sapi merasa tenang. Setelah itu barulah jarum berisi vitamin atau obat ditancapkan ke bagian yang hendak disuntik.

KKN-BBM Unair adalah agenda yang dilakukan setiap tahun. Tahun 2014 ini KKN BBM yang dilakukan di desa Sumberarum, Dander, Bojonegoro sudah memasuki angkatan ke -50. Agenda KKN BBM di Bojonegoro ini akan berakhir pada tgl. 29 Agustus 2014 dengan acara pamitan bersama warga dan tokoh masyarakat setempat. (mah)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *