Musim Kemarau, Debit Air di Sendang Desa Sumberarum Turun

Mata Air Desa Sumberarum Bojonegoro

Mata Air Desa Sumberarum Bojonegoro / Foto: bojonegorotoday.com

BojonegoroToday – Musim kemarau kali ini terasa lebih panas dan kering dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Akibatnya mata air atau sendang di Desa Sumberarum, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro turun sekitar 20-25 persen dari debit air normal.

Menurut pantauan bojonegorotoday.com, Sabtu (27/9), dampak musim kemarau yang dipengaruhi peningkatan suhu karena El Nino juga berimbas pada sendang/ mata air ini. Meskipun mata air masih mengalir, namun jumlah air yang tertampung berkurang hingga 20-25 persen.

Sendang yang terletak di pertigaan jalan sebelah Puskesmas Sumberarum ini biasanya memiliki kuantitas air yang berlimpah. Apalagi jika musim hujan, debit air sangat banyak hingga meluber.

“Kalau normalnya biasanya se-leher orang dewasa. Sekarang tinggal se-dada,” kata seorang warga, “ kalau musim hujan malah sampe amber-amber (meluap, red),” katanya lagi.

Walaupun terlihat surut, mata air di Desa Sumberarum, Bojonegoro ini masih ramai terlihat anak-anak sedang berenang. Beberapa kali terlihat juga truk air bersih mengisi muatan di mata air Desa Sumberarum. (mah)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *