Pasca Proyek EPC 1 Usai, Tenaga Kerja akan Diberi Pelatihan

Pasca Proyek EPC 1 Usai, Tenaga Kerja akan Diberi Pelatihan

BojonegoroToday – Setidaknya 6.000 tenaga kerja akan menjadi pengangguran jika proyek Engineering Procurement and Constructions (EPC) 1, Lapangan Banyu Urip, Blok Cepu, Bojonegoro, Jawa Timur selesai akhir tahun 2014 nanti.

Guna mencegah penurunan kondisi sosial masyarakat akibat pengangguran pasca proyek tersebut selesai, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro mengadakan musyawarah dengan sejumlah SKPD terkait.

Pihak Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbang Polinmas) Pemkab Bojonegoro, Hanafi Senin (22/9) lalu mengatakan bahwa dampak kesenjangan sosial masyarakat setelah proyek EPC 1 itu usai akan diatasi dengan sejumlah cara. Salah satunya adalah mengadakan beberapa pelatihan untuk tenaga kerja tersebut sehingga nantinya mereka tidak menganggur, demikian katanya saat di Kantor Pemkab Bojonegoro.

Sebenarnya proyek EPC 1 tersebut molor dalam pengerjaannya. Target awal proyek yang ditangani oleh PT Tripatra itu diharapkan selesai pada Agustus lalu. Karena sejumlah kendala, akhirnya target tersebut diperpanjang hingga Desember 2014 ini.

Pihak Community Affairs and Manager PT Tripatra, Budi Karyawan menyatakan bahwa proses pengerjaan proyek EPC 1 sudah selesai sekitar 90 persen. Proyek yang sudah selesai di antaranya adalah pemasangan pipa, pembangunan gedung, pondasi jalan, dan uji coba alat. Sementara yang belum selesai adalah instalasi peralatan teknis.

Budi menyatakan bahwa terlambatnya proyek EPC 1 tersebut tidak terlalu mempengaruhi proses produksi migas di Blok Cepu. Karena proyek pengeboran yang dioperatori oleh Mobil Cepu Ltd tersebut dilakukan secara bertahap. (mah)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *