Program Tanam Pohon, Komitmen Lingkungan EEPC di Lapangan JTB

Program Tanam Pohon, Komitmen Lingkungan EEPC di Lapangan JTB

Foto: www.bumn.go.id

BojonegoroToday – Lingkungan di kawasan Lapangan Gas terintegrasi Jambaran – Tiung Biru (JTB) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur akan semakin lestari dengan program penanaman pohon dari PT Pertamina EP Cepu (PEPC), Kamis (11/9/2014). Setidaknya ada sekitar 10 ribu pohon Trembesi dan Kemiri Sunan yang ditanam oleh pihak PEPC di kawasan Waduk/ Embung Blibis tersebut.

Penerapan program lingkungan ini dilakukan sesuai dengan misi lingkungan agar tetap baik dan sehat bagi warga sekitar. Pohon-pohon yang ditanam nantinya akan bermanfaat besar dalam menyerap emisi buangan Karbon dioksida, sebagaimana dijelaskan oleh Direktur Utama PEPC, Amril Thaib Mandailing.

Program ini bukanlah yang pertama kalinya dilakukan oleh pihak PEPC. PEPC sudah melakukan proses penanaman pohon di  sejumlah tempat, mulai dari kawasan Danau Toba dalam Program Toba Go Green dan Danau Singkarak (Program Singkarak Go Green). Total pohon yang berhasil ditanam mencapai 300.216 pohon mencakup di berbagai wilayah di Indonesia.

Pohon trembesi sengaja dipilih karena diprediksi merupakan jenis pohon yang memiliki kualitas terbaik dalam menyerap emisi CO2, demikian papar Amril.

Amril berpendapat bahwa program ini adalah komitmen perusahaan terkait Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) dari Proyek di Lapangan JTB di wilayah Bojonegoro, Jatim tersebut. Penanaman ini melibatkan kerja sama dengan KODIM 0813 Bojonegoro.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan Pemkab Bojonegoro, Harto menyatakan bahwa pihaknya berharap bahwa program ini akan memberikan manfaat nyata bagi warga sekitar Lapangan JTB.

Sejumlah pihak tampak hadir dalam penyelenggaraan acara ini yakni Perwakilan SKK Migas Jabamanusa, Direksi dan Tim Manajemen PEPC, Forpimda Kabupaten Bojonegoro, seluruh Muspika Kabupaten Bojonegoro, dan para tokoh Masyarakat Kec. Purwosari. (mah)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *