Ruang Terbuka Hijau Fly Over Bojonegoro Perlu Digalakkan

Ruang Terbuka Hijau Fly Over Bojonegoro Perlu Digalakkan

Foto: Suarabanyuurip

BojonegoroToday – Dampak pencemaran udara akibat pembangunan fly over Banyuurip Blok Cepu di kawasan Ngraho, Bojonegoro, Jawa Timur mulai dirasakan para pengguna jalan. Ditambah cuaca yang panas, material proyek yang digunakan juga turut membuat suasana di kawasan pembangunan tidak nyaman.

Pihak Lembaga Swadaya Masyarakat Cahaya Alam Hijau (LSM CAH) memberikan saran untuk menanggulangi hal tersebut dengan dibangunnya lokasi ruang terbuka hijau di kawasan fly over. Menurut pihak LSM CAH, yang disampaikan pada hari Selasa, 12/80 kepada wartawan, di sepanjang fly over atau jembatan layang di kawasan Blok Cepu tersebut memiliki banyak tempat strategis untuk ditanami pepohonan yang mampu meminimalkan dampak polusi udara.

Bahkan di bagian kolong jembatan layang pun bisa dimanfaatkan untuk ruang terbuka hijau, demikian papar Turmudzi, Ketua LSM CAH. Ruang terbuka hijau diharapkan dapat memberikan kesegaran di tengah bangunan fly over yang megah dan modern.

Ruang terbuka hijau dinilai penting karena di masa depan nantinya akan ada peningkatan lalu lintas kendaraan pengangkut migas yang akan beroperasi jika proyek penunjang Lapangan Minyak Banyuurip, Blok Cepu tersebut sudah tuntas. Ditambah peningkatan asap kendaraan yang melintas di sepanjang jalan kawasan fly over tersebut bisa menyebabkan polusi yang mengganggu pengguna jalan dan masyarakat sekitar, paparnya lagi.

Ketua LSM CAH, Turmudzi menyatakan bahwa keberadaan proyek fly over ini bukan untuk kepentingan negara semata, namun juga memberikan manfaat untuk masyarakat Bojonegoro khususnya yang  berada di sekitar area proyek tersebut.

Penerapan sistem ruang terbuka hijau tersebut diharapkan nantinya menjadi proyek percontohan untuk proyek-proyek lainnya di kawasan Bojonegoro, tambahnya lagi.

Meskipun demikian Rexy Mawardijaya selaku pihak Public and Government Affair Manager MCL sendiri belum berkomentar atas saran tersebut.

Fly over Blok Cepu ini dibangun untuk pintu keluar-masuk kendaraan proyek migas Blok Cepu. Proyek ini sedang dikelola oleh kontraktor engineering, procurement and cosntruction (EPC), 5 Banyuurip, Blok Cepu, Konsorsium PT. Rekayasa Industri dan PT.Hutama Karya. (MAH)

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *