Sapi Pemenang Kontes Ternak Laku Rp 80 Juta

 

Sapi Pemenang Kontes Ternak Laku Rp 80 Juta

Foto: Istimewa

BojonegoroToday – Bojonegoro – Sapi pemenang Kontes Ternak yang diadakan Disperta Kabupaten Bojonegoro Agustus lalu, akhirnya dibeli oleh Gubernur Jawa Timur, Soekarwo. Paejo, sapi milik Kusnan peternak di Desa Klepek, Kecamatan Sukosewu tersebut berhasil laku Rp 80 juta.

Sapi seberat 1,2 ton itu rencananya akan digunakan untuk kurban pada Hari Raya Idul Adha 1435 Hijriyah atau Minggu, 5 Oktober 2014.

Paejo merupakan sapi pemenang kontes ternak yang diadakan Dinas Peternakan dan Perikanan (Disperta) Kabupaten Bojonegoro Agustus lalu. Ukurannya yang sangat besar dan bobotnya yang lebih dari 1 ton membuat sapi tersebut menjadi pusat perhatian.

Kusnan bukan saja memiliki satu sapi jumbo. Paero, sapi milik Kusnan yang lain juga menjuarai kontes ternak 2014 lalu. Bahkan si Paero ini malah memiliki bobot mencapai 1,3 ton.

Paero yang sudah berumur tiga tahun ini dibandrol dengan harga Rp100 juta. Kusnan mengaku sudah ada pihak yang ingin membeli, namun tidak diberikan karena ditawar terlalu rendah. Hingga kini Paero belum terjual.

Kusnan mengatakan, Jumat (3/10) bahwa pemesan sapi-sapi miliknya banyak juga dari kalangan pejabat. Pakde Karwo adalah salah satunya. Bahkan Ia mengaku mendapat pesanan sapi-sapi jumbo dari lingkungan Kementerian di Jakarta sejak jauh sebelum Hari Raya Idul Adha.

Setidaknya sebanyak 25 ekor sapi untuk kurban sudah terjual. Sepuluh ekor di antaranya dikirim hingga ke Jakarta.

Kusnan juga memberikan tips untuk merawat sapi hingga berukuran jumbo. Ia mengatakan bahwa yang diperlukan adalah bibit sapi unggul, lalu diberi makan limbah tahu yang dicampur konsetrat dan jerami tiga kali dalam sehari. Selain itu sapi juga perlu dimandikan dua kali dalam sehari.
Ia juga menambahkan, “Rawat dan perlakukan sapi itu seperti anak sendiri, maka sapi itu akan bahagia dan tumbuh dengan maksimal. (mah/berita jatim) 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *