Target Renovasi Masjid Agung Darussalam Selesai Desember 2014

Target Renovasi Masjid Agung Darussalam Selesai Desember 2014

Masjid Agung Darussalam Bojonegoro Sebelum Direnovasi. Foto: Common.Wikimedia

BojonegoroToday – Masjid Agung Darussalam saat ini sedang dalam proses pemugaran. Setidaknya proses pemugaran masjid besar di Kota Bojonegoro ini sudah rampung sekitar 37 persen.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Andi Tjandra pada hari Selasa(23/09) kemarin, proses pengerjaan yang tengah dilakukan saat ini adalah pembongkaran bagian serambi dan juga bagian dalam masjid. Bagian tersulit yang dikerjakan adalah pilar masjid yang akan diselubungi dengan lapisan kayu jati utuh.

Proses renovasi masjid ini diharapkan selesai sesuai target, yakni pada Desember 2014. Proyek pemugaran meliputi peninggian masjid 1,20 m, pembongkaran di bagian tengah dan depan masjid, pembangunan tempat kegiatan untuk remaja masjid (remas), kantor ta’mir, dan perluasan masjid hingga mampu menampung sebanyak 3000 jamaah.

Sesuai konsep desain yang ditentukan sebelumnya, serambi masjid akan dipugar menjadi lebih baik. Selain itu rencananya akan dibangun juga tempat wudhu di bawah tanah, perluasan tempat parkir, serta pembangunan taman terbuka agar akses mudah karena menyatu dengan Alun-Alun kota.

Luas masjid ini nantinya akan bertambah hingga 2.422 meter persegi dan memiliki dua lantai. Masjid Agung sendiri telah dibangun di atas lahan 3.562 meter persegi.

Anggaran dana yang disediakan untuk proses pemugaran tahap awal adalah senilai Rp 23.465.760.000 . Sementara total dana yang harus disiapkan adalah Rp 40 miliar.
Proyek tender pemugaran ini dipegang oleh PT. Daman Variakarya dengan konsep yang berasal dari sesepuh Masjid Agung Darussalam untuk membuat kawasan masjid ini menyatu dan bersinergi dengan Alun-Alun Kota Bojonegoro. (mah)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *