Wisata Migas Wonocolo: Tempat Wisata Alam Terbaru Bojonegoro

Wisata Migas Wonocolo Bojonegoro

Gambar: www.bojonegorokab.go.id

Anda ingin melakukan wisata anti-mainstream tapi sekaligus mendidik? Anda mungkin perlu ke Bojonegoro. Lokasi wisata yang satu ini memang terletak di desa. Tapi jangan khawatir, wisata ini hanya satu-satunya di Indonesia. Makanya jangan ragu ajak anak-anak Anda untuk datang ke sini.

Petroleum Geoheritage Wonocolo

Wisata minyak dan gas bumi pertama di Indonesia dibangun di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Berlokasi di sumur tua di Desa Wonocolo, objek wisata ini bertajuk Petroleum Geoheritage Wonocolo.

Apa yang ditawarkan di Wonocolo? Tak lain adalah keunikan lokasi penambangan tradisional yang berusia 100 tahun. Lokasi ini merupakan bagian dari warisan budaya lokal masyarakat setempat yang menambang minyak sejak zaman dahulu.

Objek wisata migas di Wonocolo ini dikelola oleh Pt. Pertamina (persero), Pemkab Bojonegoro bersama para stakeholder yang terkait, termasuk juga Paguyuban warga Desa Wonocolo.

Melihat Lebih Dekat Sejarah Penambangan Tradisional

Para wisawatan bisa menikmati liburan di Desa Wonocolo ini dengan trek untuk jeep, motor trail dan sepeda sambil berwisata sejarah. Fasilitas untuk mewujudkan liburan yang edukatif sekaligus rekreatif saat ini tengah dikembangkan oleh pihak pengelola.

Selain itu Petroleum Geoheritage Wonocolo ini memiliki daya tarik pada aspek historisnya. Menunjukkan bahwa semenjak dahulu kala para penambang tradisional memanfaatkan sumur-sumur tua dengan mekanisme sederhana untuk mengambil minyak mentah.

Pengoperasian mekanisme penambangan tradisional dilakukan dengan peralatan yang serba tempoe doeloe. Yakni menggunakan tiang penyangga kayu yang dijalankan dengan teknik tradisional. Para wisatawan yang melihatnya akan bisa membayangkan aktivitas penambangan migas di masa lampau.

Petroleum Geoheritage Wonocolo terletak di desa yang dikelilingi hutan jati yang eksotis dengan panorama alam perbukitan. Jika Anda tertarik, Anda bisa melakukan perjalanan menuju tempat wisata ini dengan kendaraan pribadi. Lokasinya sekitar 45 km dari pusat kota.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *