2015 JK Berharap Blok Cepu Banyu Urip Tembus 1 Juta BPH

minyak Blok-Cepu

Foto: afwanmaksum.com

BojonegoroToday – Wakil Presiden terpilih, Jusuf Kalla (JK) sangat yakin bahwa produksi minyak dalam negeri akan mencapai target 1 juta barel per hari (BPH) dari optimalisasi Blok Cepu di Kawasan Banyu Urip, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Target tersebut diharapkan akan berjalan di tahun 2015 nanti.

Hal tersebut diungkapkan di jakarta, hari Senin (8/9/2014) lalu bahwa sektor produksi minyak mentah masih bisa diandalkan tahun depan, “Kira-kira di 2015 bisa kembali produksi 1 juta bph, bila Blok Cepu berproduksi penuh,” kata JK.

Pengembangan eksplorasi di Blok Cepu akan mampu mencapai 1 juta BPH dengan kalkulasi bahwa saat ini lifting minyak di kawasan Banyu Urip mencapai 840 ribu barel per hari. JK optimis bahwa jika produksi minyak di Blok Cepu digenjot secara penuh maka harapan pemerintah untuk mencapai lifting minyak hingga 1 juta bph akan menjadi kenyataan.

JK juga menceritakan bahwa saat di tahun 2005 dialah yang memberikan instruksi agar Blok Cepu dijalankan. Saat itu ia menjabat sebagai Wakil Presiden 2004-2009. Ia pun menyatakan bahwa tanpa intervensi dirinya, pengembangan Blok Cepu tak akan berjalan sampai hari ini.

“Kebetulan dulu saya yang memutuskan Cepu harus jalan pada waktu itu, kalau tidak dijalankan pada awal 2005, tidak akan ada produksi pada hari ini,” demikian kata JK.

Menurut JK pula bahwa proses izin eksplorasi selama ini memakan waktu lama bahkan terkesan berbelit-belit. Pembentukan badan khusus untuk pengawasan produksi migas di sektor hulu malah menimbulkan rumitnya birokrasi terkait proses perizinan.

“Jadi produksi ini memang masalahnya mulai berbelit-belit. Sekarang SKK Migas, dulu BP Migas. Sebenarnya prosesnya nggak jauh berbeda. Tapi ya itu, jadi agak lama proses izin,” papar JK. (pv)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *