4 Hal Sebelum Memutuskan Keluar Kerja

4 Hal Sebelum Memutuskan Keluar Kerja

BojonegoroToday – Terkadang seseorang merasa tidak sanggup  berlama-lama dengan pekerjaan yang saat ini ditekuni. Pensiun dini bisa menjadi alternatif, daripada memaksakan diri melakukan hal-hal yang menimbulkan stres.

Pekerjaan yang terlalu berat, lembur yang tiada henti, bos yang menyebalkan, hingga rekan kerja yang egois bisa menjadi masalah yang mengganggu kinerja dan memperburuk kondisi mental dan fisik. Keinginan yang kuat untuk keluar kerja bisa jadi begitu menggebu, tetapi ingatlah, bahwa ada konsekuensi jika keluar kerja tanpa memiliki pertimbangan matang.

Berikut ini 4 hal sebelum memutuskan keluar kerja yang dihimpun dari Money Smart, Yahoo Singapura, Minggu (7/9/2014) :

1. Tetap mencari ladang penghasilan dari jalan lain

Sebelum keluar pekerjaan sebaiknya temukan cara untuk mendapatkan uang dengan pekerjaan yang sama sekali tidak ada sangkut-pautnya dengan pekerjaan lama. Hal ini harus dilakukan agar anda tetap memperoleh pemasukan. Jika mampu anda bisa bekerja yang lain misalnya memberikan les pelajaran untuk anak sekolah, bekerja part-time di kantor, berbisnis jual-beli, atau apa pun yang bisa anda lakukan.

2. Fokus pada investasi

Saat anda investasi untuk pertama kali, pemasukan  biasanya bukan hal pertama yang anda fokuskan. Namun nilai investasi yang akan meningkat sepanjang waktu. Di sisi lain jika anda sudah siap keluar kerja, maka pastikan anda sudah memiliki investasi yang setidaknya akan menjadi ladang penghasilan berikutnya.

3. Menabung, menabung, dan terus menabung

Jangan dengarkan orang-orang yang bilang jika menabung itu tidak penting. Jika anda bisa hidup seperti orang yang kaya raya, dan tidak pernah kehabisan uang maka tidak masalah. Tetapi jika tidak, maka meningkatkan jumlah tabungan anda akan membuat langkah pertama anda untuk berinvestasi akan semakin besar. Anda pun bisa segera pensiun dini dari pekerjaan yang membuat anda bosan.

4. Batasi Pengeluaran

Pikirkan tentang hidup setelah menjadi pengangguran. Jika anda bisa hidup hemat dan disiplin dalam mengontrol pengeluaran, maka akan mudah bagi anda untuk tetap memiliki uang. Sehingga anda bisa memiliki tabungan untuk memulai bisnis yang baru, misalnya. (pv)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *