Amazon Siap Ekspansi ke India

Amazon Siap Ekspansi ke India

Foto:NYT.com

BojonegoroToday – Perusahaan raksasa Amazon tengah menyiapkan untuk merilis portal situs jual beli untuk pedagang grosir di India. India merupakan negara pertama di luar Amerika Serikat yang berkesempatan untuk memperluas jaringan bisnis online bersama perusahaan yang berbasis di Seattle ini. Sebagaimana dilansir dari Economic Times, (12/9), portal online ini akan diluncurkan awal tahun depan.

“Tim (Amazon) India telah bekerja pada proyek rahasia ini selama beberapa bulan terakhir. Pembahasan dengan calon suplier dan proses perekrutan telah dimulai,” kata salah satu narasumber. “Ini akan sama seperti yang dilakukan secara online oleh Walmart di India dan juga Alibaba di China.”

Pengambil kebijakan untuk inisiatif prospek bisnis ini akan dipimpin oleh Samir Kumar, yang saat ini direktur manajemen kategori, kata seorang narasumber. Tim grosir akan melaporkan ke Amit Agarwal selaku Kepala Amazon India.

Sejak memulai debut bisnis ritel online di India tahun lalu, Amazon telah berkembang dengan pesat. Amazon berencana membuat portal untuk pedagang grosir di India yang akan menargetkan usaha kecil dan menengah. Namun, belum jelas apakah perusahaan tersebut akan menawarkan semua kategori produk. Portal grosir tersebut rencananya akan dibuat seperti AmazonSupply, situs online di Amerika Serikat yang fokus pada konsumen bisnis.

AmazonSupply diluncurkan pada tahun 2012 dan masih dalam versi beta. Situs tersebut tidak membatasi pembelian dengan minimum order. Produk yang dijual pun beragam, mulai dari perlengkapan kantor hingga peralatan listrik.

Amazon juga berencana untuk segera membentuk toko online grosir di India sebelum Alibaba dari China memberikan perhatian serius terhadap pangsa pasar ini. Alibaba telah mendirikan kantor di India, tetapi platform penjualannya lebih difokuskan pada bidang usaha kecil dan menengah di India untuk pembeli global, dan bukan pada penjualan untuk dalam negeri. (pv)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *