Ganti Paradigma Lama Agar Ekonomi Kreatif Muncul

Ganti Paradigma Lama Agar Ekonomi Kreatif Muncul

BojonegoroToday – Pertumbuhan ekonomi menjadi salah satu aspek yang sangat dinanti apalagi pada tahun 2015 mendatang Indonesia butuh kemampuan untuk menghadapi tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Dilansir dari Okezone, Minggu (31/8), salah seorang pakar dan pengamat Politik Ekonomi, Ichanuddin Noorsy, mengungkapkan pendapatnya bahwa, Indonesia harus mampu mengubah paradigma pikir selama ini dan memiliki kemampuan bersaing yang baik agar mampu menghadapi tantangan MEA ke depan.

Menurutnya, skill atau kempuan masyarakat Indonesia harus ditingkatkan. Cara berpikir masyarakat Indonesia sekarang harus ditransformasi dari paradigma lama employee skill menjadi life skill, demikian papar Ichanuddin di Jakarta.

Ia menilai bahwa pemimpin baru harus memiliki kemampuan dalam mengedukasi dan melakukan sosialisasi ekonomi kreatif nantinya. Namun demikian tantangan yang dihadapi di masa kini adalah bahwa pendidikan masyarakat Indonesia umumnya hanya fokus pada kemampuan dasar bekerja saja. Jika hal ini dibiarkan maka ekonomi kreatif akan sulit untuk muncul.

Ia berpendapat bahwa life skill harus muncul, barulah ekonomi kreatif juga muncul. Kebanyakan orang-orang yang berkecimpung di ekonomi kreatif bukan orang yang sekedar bertumpu pada employee skill, namun pada life skill, demikian pungkasnya.

Karena bagaimanapun juga tantangan MEA di masa mendatang harus dihadapi masyarakat. Sehingga mau tak mau masyarakat harus bisameningkatkan life skill mereka. Menurutnya life skill adalah unsur paling utama untuk menciptakan karya yang tidak kalah dengan negara lain. (pv)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *