Hasil Riset: Nilai Brand Apple dan Google Capai 100 miliar dolar

Hasil Riset: Nilai Brand Apple dan Google Capai 100 miliar dolar

foto: marketwatch

BojonegoroToday – PARIS – Apple dan Google merupakan brand yang sangat populer di seluruh dunia. Hasil riset dari Interbrand menyatakan bahwa nilai kedua merek tersebut bahkan lebih dari $ 100 miliar, Kamis (9/10).

Brand komputer Apple menduduki peringkat pertama dengan nilai merek yang naik 21% tahun ini yakni sekitar 118,9 Miliar dolar. Sementara di posisi kedua ada Google, mesin pencarian situs terpopuler sejagad dengan kenaikan nilai brand sebesar 15% menjadi 107,43 miliar dolar.

Direktur asosiasi dari Interbrand Paris yakni Bertrand Chovet mengatakan bahwa bukti kekuatan merek dari Apple dan Google adalah fakta bahwa keduanya memiliki nilai brand hingga lebih dari 100 miliar dolar.

Sementara itu dalam daftar di tahun 2014 ini yang termasuk sukses dalam mengembangkan nilai brand di bidang teknologi dan telekomunikasi adalah merek raksasa telekomunikasi China yakni Huawei di rangking ke-94.

“Huawei, pembuat terbesar ketiga di dunia smartphone, telah menjadi salah satu pemimpin merek di bidang teknologi informasi dan komunikasi pada skala global,” kata Interbrand.

Para penggerak terbesar ddi tahun 2014 adalah brand jaringan sosial Facebook yang naik 86% ke rangking 29, lalu mobil Audi, naik 27% ke posisi ke-45, dan raksasa ritel online Amazon yang naik 25% ke posisi 15.

Interbrand sendiri menetapkan tiga kriteria untuk menentukan nilai suatu merek: yakni kinerja keuangan produk dan jasa yang dijual dengan merek tersebut; peran merek dan terutama pengaruhnya terhadap pilihan konsumen; dan kekuatan merek, yaitu kemampuan untuk menciptakan dan mempertahankan keuntungan pasar. (pv)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *