Ingin Jadi Sociopreneur, Dahlan Iskan Manfaatkan Potensi Kaliandra Merah

Ingin Jadi Sociopreneur, Dahlan Iskan Manfaatkan Potensi Kaliandra Merah

Foto; Agus Wahyudi / JAWA POS

BojonegoroToday – Dahlan Iskan berencana untuk mendedikasikan diri di bidang sociopreneur. Rencana tersebut akan dilakukan setelah ia sudah tidak menduduki jabatan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Ia menyatakan Kamis (25/9/2014) lalu bahwa ia sendiri telah menyiapkan dirinya untuk mewujudkan aktivitas di bidang sociopreneur tersebut.

Sociopreneur yang akan digelutinya akan memberdayakan masyarakat untuk menghasilkan sesuatu untuk kepentingan sosial.

Agar hasilnya maksimal, ia tidak ingin main-main. Bekerja di bidang sosial pun akan dilakukan dengan sistem ala korporasi yang dikelola secara profesional. Ia ingin proyek tersebut mendatangkan laba.

Ia mengaku tidak akan mengambil keuntungan untuk pribadi, tetapi menyalurkan keuntungan tersebut kembali pada masyarakat untuk kemaslahatan mereka sendiri.

Mantan Kepala Perusahaan Listrik Negara (PLN) tersebut menjelaskan sociopreneur yang ingin dia kerjakan adalah memberikan fasilitas listrik di daerah-daerah yang belum terjangkau listrik terutama di daerah-daerah yang sekiranya belum difasilitasi listrik oleh PLN dalam 10 tahun mendatang.

Ia berencana akan memanfaatkan potensi pohon Kaliandra merah (Calliandra calothirsus) untuk menghasilkan biomassa sebagai sumber energi alternatif. Kaliandra merah mempunyai kandungan kalori tinggi seperti batu bara (low range coal).

Selain itu jenis tanaman ini cocok untuk dibudidayakan karena kelebihannya yang mampu untuk tumbuh kembali setelah kayu diambil.

Dari sumber energi biomassa ini, pihaknya akan mengolahnya untuk menjadi sumber daya listrik di sejumlah tempat terpencil, daerah-daerah terisolasi dan tidak terjangkau listrik.

Rencananya ia akan memberdayakan masyarakat untuk menanam Kaliandra merah. Warga bisa memanen kayu kaliandra setiap tahun sekali. Hasil panen ini nantinya dijual ke perusahaannya untuk diolah menjadi energi biomassa yang nantinya dikembalikan lagi manfaatnya ke masyarakat untuk pembangkit tenaga listrik.

Dahlan mengaku untuk melancarkan proyek ini ia sedang melakukan pembinaan terhadap 30 anak muda di Sukabumi untuk mempelajari budidaya kaliandra merah. (pv)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *