Inilah 6 Prinsip Asuransi yang Perlu Diketahui

asuransi-6

Pengetahuan yang cukup tentang produk sangat dibutuhkan oleh tenaga pemasaran. Tak terkecuali agen asuransi yang bertugas menawarkan produk asuransi kepada calon nasabahnya. Mereka juga harus mengetahui prinsip apa saja yang dimiliki asuransi.

Ada 6 prinsip dasar asuransi yang perlu diketahui agen asuransi maupun nasabah asuransi, yaitu :
1. Insurable Interest
Yaitu nasabah sebagai tertanggung bisa membeli polis asuransi atas sesuatu yang menjadi miliknya atau tersangkut kepentingan keuangan dalam hal apapun yang ingin diasuransikannya.
Contohnya: Anda tidak bisa membeli polis asuransi untuk anak tetangga Anda, kecuali Anda memiliki hak finansial atas anak tersebut.

2. Indemnity
Diartikan sebagai ganti rugi, yaitu sebagai kompensasi atas kerugian yang diderita pihak tertanggung. Asuransi akan memberikan ganti rugi atas sesuatu hal yang terjadi dan merugikan Anda atas sesuatu yang diasuransikan. Contohnya: asuransi mobil, akan memberikan kompensasi saat mobil mengalami kecelakaan atau kehilangan.

3. Uberrimae Fidei
Atau disebut pula dalam istilah utmost good faith (itikad baik), yang berarti bahwa itikad baik dalam memberikan informasi yang relevan dari nasabah sangat penting bagi perusahaan asuransi atas apa pun yang diasuransikan oleh nasabah.

4. Subrogation
Artinya perusahaan asuransi berhak mengambil tindakan terhadap pihak-pihak yang mungkin telah menyebabkan klaim terhadap asuransi Anda.Hal ini menjadikan perusahaan asuransi dapat dimungkinkan untuk membayar kerugian akibat klaim yang bukan menjadi tanggung jawab pihak tertanggung.

5. Contingency Insurance
Merupakan polis untuk kerugian dalam skenario terburuk. Seperti misalnya dalam ekspor impor, saat pembeli menolak barang rusak saat diterima, maka Anda bisa mengajukan klaim kerugian melalui contingency policy.

6. Proximate Cause
Yaitu asuransi mengganti kerugian yang di jenis asuransi lainnya hal tersebut tidak diganti. Misalnya: klaim kerugian saat terjadi keterlambatan pengiriman barang.

Itulah istilah-istilah penting yang menjadi prinsip dasar dalam asuransi. Dan perlu diketahui, asuransi investasi Commlife terbaik selalu membekali para agen asuransinya dengan pengetahuan yang cukup saat berhadapan dengan nasabah. Sehingga, beragam permasalahan yang dihadapi nasabah bisa dikonsultasikan dengan mereka.

You may also like...