Mau Bisnis Sukses? Jangan Sombong Dulu

Mau Bisnis Sukses? Jangan Sombong Dulu

BojonegoroToday –  Motivator cantik Nanz Chong-Komo yang juga penulis buku Bringing Out the Entrepeneur in You: 47 Rahasia Pengusaha Sukses, membagikan tips sukses untuk strategi bisnis sekaligus tips untuk menghindari gagal bisnis.

Sebagaimana yang ia ungkapkan dalam jumpa pers hari Rabu (20/8) lalu di Jakarta, menurutnya bisnis yang tidak berjalan mulus tidak selalu akibat salah strategi bisnis yang dilakukan atau karena persoalan dengan rekan kerja.

Seorang pebisnis kadang mengalami kegagalan yang disebabkan karena kebanggaan pada dirinya yang mendorong untuk bersikap sombong. Seseorang yang terlalu bangga kadang cenderung enggan belajar dari orang lain dan membuatnya enggan bertanya, tutur motivator Nanz ini.

Bahkan terkadang pebisnis yang sangat bangga diri cenderung enggan untuk mengaku bersalah jika ia memang salah, serta enggan meminta maaf di hadapan pegawainya, tambahnya lagi.

Padahal seorang pebisnis nantinya akan perlu untuk belajar dari kesalahan, belajar untuk kehilangan uang, serta belajar dari orang lain. Ia pun menyarankan bahwa seseorang yang terjun di dunia bisnis perlu menanamkan sikap rendah hati.

Menurutnya seseorang yang memiliki kerendahan hati akan mampu menyerap pengetahuan dan belajar banyak dari pengalamannya termasuk setiap kesalahan yang ia lakukan.

Pengusaha tidak perlu takut salah dalam berbisnis. Menurutnya hal itu adalah proses pembelajaran dan pendewasaan. Seseorang yang mampu bersikap rendah hati perlu untuk belajar dari pengalaman pahitnya dan berupaya untuk memperbaiki kesalahan di masa depan nanti.

Nanz Chong-Komo  adalah motivator sekaligus penulis buku Bringing Out the Entrepeneur in You: 47 Rahasia Pengusaha Sukses. Buku ini mendapat apresiasi yang bagus oleh publik dan masuk dalam jajaran Top Ten Business Book di Gramedia Indonesia. (PV)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *