Mengatur Barang Bawaan Saat Mudik Bersama Mobil Keluarga

barang-bawaanSaat ini ada begitu banyak pilihan sarana transportasi untuk mudik Lebaran. Hanya saja bila ingin lebih santai dan tidak diburu waktu, jawaban terbaik adalah dengan membawa kendaraan sendiri. Tak sedikit keluarga yang mengendarai mobilnya menuju kampung halaman. Sehingga tak hanya anggota keluarga, isi kabin bakal penuh sesak dengan beragam barang kebutuhan beserta oleh-oleh untuk keluarga besar.

Meskipun mobil keluarga jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) memiliki ukuran kabin cukup luas, seperti Daihatsu Xenia misalnya, perlu diperhatikan pula tentang bagaimana mengatur barang bawaan di dalam mobil agr tak mengganggu kenyamanan selama di perjalanan. Dan berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatur barang bawaan dalam bagasi mobil :

  • Pakai tas atau koper yang sesuai untuk barang bawaan keluarga. Tas atau koper berukuran kecil hingga sedang, dapat dipakai bila barang yang dibawa tidak banyak. Sebab semakin besar ukuran tas yang masuk ke kabin, tentu akan menyita lebih banyak ruang.
  • Pisahkan antara barang yang kerap digunakan dengan yang jarang dipakai. Sebagai misal dompet, gadget, ataupun kamera bisa diletakkan dalam tas tersendiri yang posisinya lebih dekat dan mudah dijangkau. Sedangkan barang-barang yang baru akan dipakai ketika sudah berada di tempat tujuan sebaiknya diletakkan di koper atau tas besar.
  • Atur susunan letak tas atau koper dalam bagasi. Usahakan tas yang paling berat berada di baris bawah. Kemudian di atasnya bisa diletakkan barang bawaan lain yang lebih ringan. Hal ini untuk mencegah terjadinya kerusakan isi ataupun fisik tas tersebut.
  • Periksa ujung spatbor dengan ban. Bila jaraknya berdekatan dengan permukaan tanah, berarti barang bawaan di dalam kabin sudah terlampau berlebih. Masalah ini juga berkaitan denga keselamatan berkendara, sehingga sebisa mungkin hindari tumpukan barang yang menutupi kaca mobil baik kaca belakang ataupun samping.
  • Lipat bangku di baris ketiga untuk bisa mendapatkan ruang kabin yang lebih luas. Dengan demikian lebih banyak barang yang bisa dengan mudah disusun rapi.

Itulah beberapa tips sederhana namun akan bermanfaat bagi perjalanan bersama dengan mobil keluarga. Selamat Mudik!

You may also like...