Pentingnya Empati Dalam Layanan Rumah Sakit

bethsaida-hospitals

Empati (emphaty) merupakan salah satu unsur yang berpengaruh dalam kualitas pelayanan. Empati sering diartikan sebagai perhatian secara individual yang diberikan oleh perusahaan kepada pelanggan sebagai usaha untuk memahami keinginan dan kebutuhan pelanggannya.

Dalam beragam teori bisnis, dimensi empati ini merupakan penggabungan dari beberapa faktor diantaranya  :

  • Akses (Access), meliputi kemudahan untuk memanfaatkan jasa yang ditawarkan.
  • Komunikasi (Communication), merupakan kemampuan untuk melakukan komunikasi dalam penyampaian informasi kepada pelanggan ataupun mendapatkan masukan dari pelanggan.
  • Memahami pelanggan (Understanding the Customer), meliputi upaya perusahaan untuk mengetahui dan memahami segala keinginan dan kebutuhan pelanggan.

Sebagaimana disebutkan, dimensi empati merupakan penggabungan dari ketiga faktor tersebut, yaitu akses, komunikasi dan pemahaman terhadap pelanggan. Kemampuan menumbuhkan empati sangat penting bagi perusahaan yang menyelenggarakan layanan kepada publik, seperti rumah sakit misalnya. Empati ditunjukkan melalui pelayanan yang ramah dari para petugasnya, memahami keinginan dan kebutuhan pelanggan, serta keinginan untuk memberikan bantuan terbaik untuk para pelanggan.

Namun, inti dari empati ini sebenarnya adalah memberikan layanan terbaik bagi pelanggan secara psikologis. Sebab, bagi rumah sakit cara ini dipercaya sebagai obat terbaik disamping penanganan secara medis yang dilakukan oleh para dokter. Ini jugalah yang dimaksudkan dalam slogan Bethsaida Hospitals, yaitu “Healthcare with Heart”, melayani dengan hati. Dengan pelayanan kesehatan yang tulus muncul dari hati nurani manusia, maka diharapkan akan mampu memberikan kesembuhan pasien, sebagai tujuan utama rumah sakit dalam menjalankan tugasnya.

You may also like...