Pilih Mobil Bekas Atau Mobil Baru Murah?

ayla

Kehadiran mobil murah ramah lingkungan melalui program Low Cost Green Car (LCGC) di Indonesia telah terbukti makin diminati masyarakat. Keterjangkauan harga yang disertai desain mobil baru yang modern menjadi alasan makin digemarinya mobil baru murah ini. Hal ini ternyata cukup berdampak pada bisnis penjualan mobil bekas, termasuk mobil LCGC bekas itu sendiri.

Menurut seorang pakar di bidang penjualan mobil bekas, alasan masyarakat membeli mobil bekas adalah keterjangkauan harga dengan kualitas yang sudah terbukti. Namun begitu hadir mobil baru murah di segmen LCGC ini, minat masyarakat terhadap mobil bekas sedikit berkurang, dan berdampak para harga jual mobil bekas yang semakin menurun. Apalagi mobil LCGC dalam kondisi bekas, harganya bisa turun cukup drastis yaitu antara 20 hingga 25 persen dari harga barunya.

Pada mobil bekas, penurunan harga lebih melihat pada umur kendaraan serta kondisi mobil, disamping merk mobil juga turut mempengaruhi. Pertimbangan pada kemudahan layanan purna jual dan ketersediaan suku cadang sangat berpengaruh pada penurunan harga jualnya. Saat sebuah brand mobil sudah sangat dikenal oleh masyarakat sehingga banyak yang menggunakannya, otomatis harga jual di kondisi bekasnya pun relatif mampu bertahan alias tidak turun tajam. Hal ini juga dipengaruhi image di masyarakat bahwa mobil sudah terbukti bagus karena digunakan oleh sebagian besar masyarakat.

Sedangkan pada jenis-jenis mobil di segmen LCGC itu, termasuk salah satunya mobil baru murah Ayla garapan Daihatsu, rata-rata orang beranggapan bahwa ada kualitas yang sedikit berbeda bila dibandingkan dengan mobil-mobil yang telah ada sebelumnya. Harga yang murah cenderung menimbulkan asumsi bahwa kualitas mobil pasti lebih rendah dibanding produk sejenis dengan harga yang lebih tinggi. Namun dengan mobil baru berkondisi baru dengan harga yang setara dengan mobil bekas, tentu cukup menyenangkan untuk bisa memilikinya. Inilah yang menjadikan mobil baru murah LCGC itu makin meningkat peminatnya.

You may also like...