Popularitas Kopi Indonesia Terdongkrak di Luar Negeri

Popularitas Kopi Indonesia Terdongkrak di Luar Negeri

BojonegoroToday – Gaya hidup di masa kini semakin mendorong orang untuk mengkonsumsi kopi. Indonesia sebagai salah satu negara penghasil kopi tentunya merasakan dampak positif karena produk kopinya banyak diminati, bahkan popularitasnya hingga ke mancanegara.

Kopi Indonesia yang diolah di pabrik-pabrik menjadi kopi instan banyak diekspor dan menjadi produk yang populer di luar negeri. Mulai dari negara Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, bahkan Jepang dan Uni Emirat Arab (UEA) pun menggemari kopi instan racikan Indonesia.

Sebagaimana info yang dihimpun dari data Dinas Perdagangan dan Industri Provinsi Sumatera Utara (Sumut), ekspor kopi instan di wilayah tersebut ke negara-negara maju tersebut mencapai hampir 6 juta 118 ribu ton. Angka tersebut belum termasuk ekspor kopi dari daerah penghasil kopi lain, seperti di Jawa, Sulawesi, dan Papua.

Sementara itu untuk nilainya, tercatat hingga Juli 2014 ini ekspor dari wilayah Sumut saja telah mencapai 890 ribu ton. Belum lagi dari wilayah lain di Indonesia. Jenis kopi yang diekspor pun kebanyakan adalah kopi robusta, dan kopi jenis arabica untuk versi premium, papar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut, Bidar Alamsyah melalui Kasie Ekspor Hasil Pertanian dan Pertambangan, Fitra Kurnia.

Terdongkraknya kepopuleran kopi instan Indonesia ini menurut Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi (BPMP) Sumatra Utara, Purnama Dewi adalah karena terkait dengan semakin berkembang pesatnya industri pengolahan kopi di dalam negeri, seperti di daerah Sumatera Utara. Di wilayah ini hampir setiap minggu ada yang mengajukan permohonan izin untuk membuka industri di bidang kopi.

Ia menyatakan bahwa industri kopi saat ini mulai tumbuh, dengan meningkatnya pula investasi baik dari domestik maupun investasi asing di sektor kopi ini. Sektor kopi termasuk berbasis industri hilir, sehingga dampaknya positif dan sangat baik untuk kemajuan perekonomian termasuk para  petani. (PV)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *