Rencanakan Perekonomian Sehat dari Rumah dengan Berhemat

Rencanakan Perekonomian Sehat dari Rumah dengan Berhemat

BojonegoroToday – Berhemat adalah satu upaya penting bagi setiap orang agar bijak mengatur keuangan. Arus pendapatan dan pengeluaran harus dikalkulasi dengan tepat mempertimbangkan mana yang “needs” (kebutuhan) dan mana yang “wants” (keinginan). Membedakan kebutuhan dan keinginan akan memudahkan anda untuk memprioritaskan pengeluaran anda. Sehingga anda bisa tetap tercukupi tanpa harus mengeluarkan uang untuk pos-pos yang kurang begitu penting.

Para perencana keuangan telah memberikan saran-saran agar manajemen keuangan personal tetap sehat meski pemasukan mepet atau inflasi ada di depan mata.

Menganalisis kebutuhan dan keinginan anda

Anda bisa menerapkan pengaturan keuangan dengan menyeleksi daftar kebutuhan dan keinginan anda. Kebutuhan jauh lebih utama untuk diprioritaskan. Sementara keinginan bisa ditunda hingga anda memiliki simpanan uang yang lebih dari cukup.

Dalam menentukan makanan misalnya, anda perlu menganalisi makanan yang bergizi seimbang tanpa harus membeli item-item yang terlalu mahal. Ikan air tawar lokal sangat ramah di kantong dibandingkan ikan salmon impor, misalnya. Asalkan gizinya seimbang, anda bisa memilih bahan makanan yang jauh lebih hemat dengan kualitas yang tidak kalah bagus dengan yang mahal.

Bikin skala prioritas
Selalu membuat perencanaan kas setiap bulan. Hal ini penting untuk memonitor apa yang sudah anda beli setiap bulan. Catat segala bentuk pengeluaran, dari sektor rumah tangga rutin, investasi, cicilan hutang, dan pos-pos yang diperlukan.

Dengan ini anda akan bisa menentukan skala prioritas untuk pengeluaran yang bijak sesuai besarnya pemasukan bulanan anda.

Belanja hemat grosir

Pengeluaran belanja rumah tangga biasa menghabiskan anggaran yang besar. Anda bisa menghemat belanja dengan belanja grosir di pasar lokal untuk kebutuhan makanan selama sebulan,bahan-bahan kelontong, dan sebagainya.

Hemat listrik, air, pulsa, dan bbm

Anda juga perlu menghemat pemakaian listrik, air, pulsa,dan bbm agar uang tidak cepat habis. Anda bisa menurunkan kelas dan gaya hidup anda misalnya dengan tidak menggunakan AC dan beralih ke kipas angin. Begitu pula anda bisa beralih dari menggunakan PC ke laptop, notebook, atau tablet agar listrik hemat.

Soal kendaraan, anda bisa menuju ke tempat-tempat yang bisa dijangkau dengan sepeda. Mengurangi pemakaian kendaraan bermotor atau mobil akan sangat membantu meminimalkan pengeluaran untuk beli bahan bakar. Apalagi setelah bbm naik, akan jauh lebih bijak jika anda bersepeda atau menggunakan kendaraan umum jika bepergian.

Semakin anda mampu mengontrol pengeluaran anda, akan lebih mudah bagi anda untuk menghemat uang, menabungnya, dan menginvestasikannya untuk meningkatkan pemasukan. Selamat mencoba! (pv)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *