Rupiah Turun Lagi Rp 12.202

Rupiah Turun Lagi Rp 12.202

BojonegoroToday – Jakarta – Nilai tukar rupiah kembali melemah menjadi Rp 12.202 dalam transaksi antarbank di Jakarta, Senin sore (6/10). Sebelumnya rupiah berada di posisi Rp 12.177 per dolar AS.

Menurut Analis Platon Niaga Berjangka Lukman Leong di Jakarta, sebagaimana dilansir dari Antara, hal tersebut terjadi akibat sentimen negatif global dan juga dalam negeri kembali sehingga rupiah turun ke area negatif hingga mencapai Rp12.200 per dolar AS.

Faktor pelemahan rupiah karena sentimen negatif global masih dianggap wajar karena seiring dengan pergerakan mayoritas mata uang emerging market akibat data tren ekonomi AS yang positif sehingga ekspektasi pasar terhadap suku bunga AS dapat dinaikan lebih cepat, demikian kata Lukman.

Sementara itu sentimen domestik juga berperan dalam melemahkan posisi rupiah. Hal itu akibat kondisi perpolitikan di Indonesia yang masih menyusul perebutan kursi pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Lukman berharap bahwa sentimen dalam negeri ini bersifat sementara sehingga rupiah kembali menguat dengan cepat.

Lukman juga menilai bahwa Bank Indonesia cukup konsisten mempertahankan kestabilan rupiah. Sehingga tekanan mata uang ini tidak semakin anjlok terhadap dolar AS. (pv)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *