Tahun 2014 Bisnis E-Commerce Makin Bersinar

Tahun 2014 Bisnis E-Commerce Makin Bersinar

BojonegoroToday – Bisnis online semakin berkembang di tahun 2014. Hal itu terlihat dari semakin banyaknya pihak pebisnis yang terjun untuk membuat toko online dan melakukan penjualan dengan target yang lebih luas dari bisnis konvensional.

Dilansir dari Kontan Selasa (26/8/2014), Direktur Utama PT Bubu Kreasi Perdana, Shinta Dhanuwardoyo, mengungkapkan bahwa potensi perkembangan bisnis e-commerce saat ini sedang tumbuh baik.

Trend yang semakin meningkat di tahun 2014 ini terutama sektor fashion dan travel. Belanja produk pakaian, sepatu, dan tas semakin banyak dilakukan via e-commerce yang mengandalkan website dengan foto katalog produk. Kemudahan lain adalah barang bisa dikirim lewat jasa pengiriman dan sampai di rumah dengan jangka waktu tertentu sehingga sangat praktis dan tidak perlu ke luar rumah.

Shinta juga menyatakan bahwa situs agen perjalanan juga mengalami peningkatan pesat dalam meraih minat konsumen yang hendak melakukan perjalanan. Situs tentang travel seperti traveloka.com, tiket.com, dan skyscanner.co.id adalah beberapa jasa yang bergerak di bidang e-commerce untuk travelling.

Menurutnya bisnis e-commerce akan terus tumbuh dengan baik, dan ia optimistis e-commerce di bidang lain juga akan menyusul. Bisnis e-commerce dipercaya akan semakin berkembang, apalagi masyarakat semakin melek internet dan daya beli masyarakat untuk produk online semakin naik.

Shinta menilai bahwa bisnis e-commerce akan semakin tumbuh pesat apabila pemerintah membebaskan pajak pertambahan nilai (PPN) terhadap situs-situs e-commerce. Menurutnya di luar negeri sendiri pajak tambahan tidak ada, karena  transaksinya tidak terjadi.

Rencana pembebasan PPN memang masih dalam tahap pembahasan. Agar produk e-commerce dalam negeri bisa bersaing dengan luar negeri, maka pembebanan pajak harusnya dihapus. Bahkan Kementerian Perdagangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu,  sendiri mengamini tentang rencana pembebasan PPN tersebut. (pv)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *