UGM Kembangkan Melon Granat, Melon Aromatik, dan Melon Apel

UGM Kembangkan Melon Granat, Melon Aromatik, dan Melon Apel

Melon granat bisa digenggam lho! (Foto: UGM.ac.id)

BojonegoroToday – Jogjakarta – Buah melon biasanya berukuran besar dan berat. Namun di Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogja, buah melon dibuat dengan variasi yang unik, mulai dari melon granat yang bisa digenggam tangan, melon hikadi (melon aromatik) dan hikapel (mirip apel).

Dr. Budi Daryono selaku peneliti dari Fak. Biologi UGM menyatakan di ruang laboratorium Genetika, Senin (6/10) bahwa melon granat adalah hasil persilangan melon hikadi dengan galur PI.

Melon hikadi juga merupakan persilangan, yakni dari gama melon parfum yang pernah dikembangkan Budi sebelumnya. Menurut Budi melon granat ini memiliki rasa manis dan aroma harum yang segar. Bentuknya sengaja diperkecil agar bisa digenggam tangan dan praktis saat membawa dan mengkonsumsinya.

Untuk  mendapatkan hasil melon seukuran granat ini ia harus mendalami riset satu tahun. Untungnya Budi memperoleh dana riser produksi (rispro) LPDP Kemenkeu. Akhirnya hasil eksperimennya untuk membuat melon seberat 200-400 gram pun sukses.

Melon ini, kata Budi, sangat bermanfaat karena memiliki kandungan senyawa beta karoten untuk menjaga kesehatan mata dan antikanker. Dalam satu melon terdapat 706,6 microgram senyawa beta karoten. Selain itu kandungan gizi melon granat ini juga Vitamin C dan sejumlah mineral penting.

Soal rasa dan aroma, buah melon granat ini tak beda dengan melon pada umumnya. Rasanya manis, lembut, dan aroma khas melon segar. Buah melon ini bisa menjadi alternatif untuk anak-anak yang tidak suka wortel, karena kandungan beta karotennya yang tinggi.

Lebih lanjut lagi Budi berharap ketiga kultivar melon ini bisa menjadi komoditas ekspor andalan Indonesia ke depannya. Saat ini ia tengah melibatkan lima kelompok tani di Kebumen, Blitar, Gunungkidul, Sleman dan Magetan untuk menanam melon-melon ini. (pv)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *