Agar Cepat Sembuh, Mental Harus Sehat

Agar Cepat Sembuh, Mental Harus Sehat

BojonegoroToday – Gangguan mental atau psikosomatik acapkali tidak terdeteksi. Namun demikian pengidap gangguan psikis perlu segera ditangani terutama pada penderita penyakit dalam seperti diabetes,stroke, jantung, atau darah tinggi, agar tidak memperparah penyakit yang ada, atau lebih buruk lagi memicu penyakit fisik baru.

Diungkapkan oleh Ketua Perhimpunan Kedokteran Psikosomatik Indonesia ,Mudjaddid hari Jumat (22/8), ”Dokter sering hanya mengobati sakit fisik, sakit terkait kejiwaan terlupakan,” katanya di acara The 16th Congress of Asian College of Psychosomatic Medicine (ACPM) Jakarta, dikutip dari health.kompas.com (25/8/2014).

Kondisi penderita penyakit jantung, diabetes melitus, kanker, atau stroke akan lebih sulit untuk sembuh bila memiliki gangguan depresi, cemas, atau panik .

Dokter sebaiknya tidak hanya fokus pada obat-obat medis atau prosedur operasi, tetapi juga harus memiliki kemampuan menangani gangguan psikosomatis ini agar bisa membantu pasien yang memiliki pikiran dan kejiwaan yang sedang lemah.

Sebagai konsultan psikosomatik pada Departemen Ilmu Penyakit Dalam, FK Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Mudjaddid memahami bahwa penyakit dalam yang kronis atau yang sudah berlangsung lama, bisa semakin parah jika bersamaan dengan gangguan psikosomatik.

Dokter harus memiliki kemampuan komunikasi interpersonal yang baik kepada pasien dengan gangguan psikis, karena terapi penyembuhan melibatkan berbagai aspek, seperti aspek fisik, sosial, dan spiritual.

Walaupun pasien yang depresi bisa kembali tenang dengan adanya obat medis untuk meningkatkan kadar serotonin, Mudjaddid menyatakan bahwa dokter pun harus mendorong pasien untuk menyelesaikan akar masalah. Misal, gangguan depresi timbul karena masalah keluarga, maka dokter harus mendukung pasien untuk berkomunikasi dengan keluarga. (pv)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *