Ajari Anak Disiplin Sejak Dini

Ajari Anak Disiplin Sejak Dini

BojonegoroToday – Mendidik anak usia balita di masa kini memang susah-susah gampang. Namun demikian mengajarkan mereka kedisiplinan adalah hal krusial sebagai pondasi awal yang akan memberikan manfaat saat besar nanti.

Ada sejumlah tips penting yang bisa anda ajarkan tentang kedisiplinan pada anak-anak tanpa membuat mereka merasa tertekan.

Beri Hadiah Spesial

Strategi memberikan hadiah ini bisa anda terapkan untuk membuat anak-anak mau menurut. Tetapi anda pun harus tahu kapan waktu yang tepat untuk melakukannya. Cara ini pernah dilakukan oleh seorang ibu dari Malaysia yang berhasil mendidik anak-anaknya belajar menghafal Al Qur’an saat masih usia balita. Sang ibu memberikan hadiah makanan kesukaan si kecil bila mereka mau duduk menghafal sekitar 30. Menit hingga 1 jam. Strategi ini berhasil dan anak semakin semangat untuk belajar. Anda juga bisa menerapkan cara ini sebagai balasan atas kerja keras anak untuk mau bekerja sama dengan orang tua. Mereka akan belajar jika mau mendengar dan menurut pada orang tua akan mendapat balasan baik berupa kasih sayang dan hadiah kesukaan. Namun demikian pastikan hadiah baru diberikan setelah ia menjalankan tugasnya.

Buat Jadwal Kegiatan

Anak seringkali rewel bila mereka bangun tidur. Salah satu sebabnya adalah ia tidak tahu apa yang harus dilakukan setelah bangun tidur. Solusinya, anda bisa membuatkan jadwal harian yang bisa dikerjakan bersama-sama. Misalnya setelah bangun tidur, si kecil harus mandi, lalu setelah mandi si kecil akan belajar atau sarapan, atau kegiatan-kegiatan yang rutin dan terjadwal.

Apabila hal ini diterapkan setiap hari, anak bisa menghafal kegiatan yang harus dilakukan. Ia belajar menghargai waktu dan ia bisa memprediksi kegiatan apa yang paling menyenangkan yang selalu ia tunggu-tunggu setiap hari.

Katakan “ya”, Hindari kata “Tidak”

Anak biasanya akan semakin marah dan tantrum bila dilarang orang tua. Kata “tidak” sangat sensitif bagi sebagian anak. Anda bisa mengganti kata “tidak”  dengan “ya”, namun dengan konteks kalimat yang tepat.  Misalnya ketika anak ingin bermain dengan piring dan barang pecah belah, anda bisa menyiasatinya dengan mengatakan “ ya, boleh main piring, sayang. Tapi yang dari plastik saja ya…”  atau anda b isa melarang dengan kalimat, “ kalau kamu mainan piring terus pecah, nanti kaki kamu kena beling jadi sakit. Main yang lain saja ya?”

Anak nantinya akan belajar untuk mengendalikan keinginan dirinya sendiri dan berupaya memahami bahwa setiap yang ia lakukan akan memiliki dampak bagi dirinya.

Biarkan Ia Sendirian Selama Beberapa Waktu

Apabila anak anda ternyata suka rewel dan membantah jika dinasihati, strateginya anda bisa menempatkannya di kamar dan biarkan ia sendirian untuk menenangkannya. Anda tidak perlu marah apalagi menyakitinya karena ulahnya. Hal ini memberikan dampak positif bagi anda dan anak anda. Yakni anda bisa menenangkan diri sejenak, dan anak anda bisa belajar bahwa ia sedang dihukum dengan ditinggal sendirian di kamar jika tidak mau menurut.  Setelah ia kembali bersikap baik, maka anda bisa mengajaknya beraktivitas normal seperti biasa.

Demikian tips sederhana agar si kecil belajar menurut dan belajar disiplin sejak usia dini. (pv)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *