Aneka Mainan Anak 1 Tahun Yang Mendidik

Melihat perkembangan anak di bawah tiga tahun memang membuat gemas sekaligus terpana. Anak-anak dengan usia di bawah tiga tahun memiliki perkembangan yang biasanya sulit ditembak khususnya bagi anak berusia 1 tahun di mana menjadi patokan pertama. Aneka mainan anak 1 tahun juga sudah banyak beredar di pasaran dengan berbagai fungsi yang bisa membantu masa berkembang menjadi lebih maksimal. Pada umumnya anak dengan usia 1 tahun sudah mampu menyadari keberadaan orang-orang di sekitarnya. Mereka akan menangis bila tidak bersama orang yang mereka kenali dan menganggap aneh orang-orang yang belum pernah mereka temui. Selain itu anak usia 1 tahun juga sebagian besar bisa berdiri dan berjalan walau belum sepenuhnya lancar. Mereka juga sudah bisa duduk dan berguling-guling.

mainan-anak-kecil

Kata-kata yang sederhana juga bisa mereka pahami dan mereka ucapkan. Maka dari itu mainan anak 1 tahun yang dimainkan ikut mempengaruhi masa perkembangan mereka. Anak-anak usia 1 tahun sudah mampu mengendalikan gerakan tangan serta mengenali tentang kepemilikan sebuah barang. Gerakan tangan mereka akan sangat lincah dan cepat. Mereka sangat mudah untuk menggapai dan meraih benda di dekatnya. Nah untuk mendunkung masa perkembangan, dibutuhkan mainan yang mendidik dan bermanfaat. Mainan yang pas untuk anak dengan usia ini di antara lain mainan berbentuk kendaraan seperti mobil-mobilan juga kereta. Mainan ini bisa mengajarkan apa yang dinamakan tenaga gerakan tangan dan bagaimana kendaraan tersebut berjalan, maju, mundur.

Mainan lainnya adalah rumah-rumahan dengan isi. Mainan ini bisa mengajarkan tata letak isi dari sebuah rumah sehingga anak mengenali isi umum dari rumah mereka. Ada kasur, tempat duduk, hingga ruangan dapur. Binatang-binatang berupa boneka berbentuk binatang atau figure berbentuk binatang juga pas karena dapat memperkenalkan bentuk dan sifat binatang seperti suara binatang tersebut. Satu lagi mainan anak 1 tahun yang mendidik adalah mainan balok susun berwarna-warni. Dengan memberi mainan jenis ini anak akan belajar mengenali warna-warna serta melatih mereka untuk menyusun berbagai bentuk dengan balok-balok tersebut. Kemampuan gerakan tangan otomatis ikut mengalami perkembangan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *