Angelina Effect Buat Para Wanita Lebih Sadar Bahaya Kanker

Angelina Jolie

Angelina Jolie / Foto: Wikimedia

BojonegoroToday – Toronto – Sebuah studi dari Klinik Odette Cancer Centre menganalisis tentang pengaruh dirilisnya laporan kesehatan artis Hollywood, Angelina Jolie yang melakukan double mastectomy pada April 2013 lalu. Studi ini dilatarbelakangi dengan merebaknya berita tentang Angelina Effect yang membuat banyak wanita berbondong-bondong ke pusat kesehatan untuk memeriksakan kanker pada organ kewanitaannya.

Publik terkejut saat Jolie menyatakan bahwa ia melakukan double mastectomy sebagai pencegahan kanker kepada New York Times pada Mei 2013 silam. Tindakan itu diambil untuk menyelamatkan dari potensi mengalami kematian akibat kanker di bagian kewanitaannya.

Istri aktor Brad Pitt itu  mengaku bahwa ia memiliki potensi hereditas secara genetik sebanyak 60 persen. Mutasi BRCA 1 gen bisa berkembang menjadi kanker berbahaya dan membuat nyawanya terenggut sama seperti yang dialami sang ibu.

Secara keturunan, kanker bisa dideteksi sejak usia muda. Namun rata-rata mutasi BRCA terjadi sekitar 41 tahun, dan usia 61 tahun untuk penderita kanker tanpa mutasi gen. Karena hal inilah ia mengambil langkah preventif dengan operasi pengangkatan kelenjar dan merilisnya kepada publik untuk memberi tahu bahwa seseorang bisa mencegah kanker sebelum terlambat, apalagi jika di keluarganya ada riwayat kanker,

Head of Preventive Oncology di Odette Cancer Centre, Dr. Andrea Eisen meyakini bahwa keputusan Jolie untuk merilis data tersebut bisa menyelamatkan banyak perempuan, Ia melihat fakta bahwa kliniknya mendapat kunjungan pemeriksaan jauh lebih banyak dibanding sebelum data tersebut dirilis ke publik.

Dr. Eisen menyatakan bahwa ada banyak informasi dalam data tersebut sehingga para wanita berpikir tentang riwayat keluarganya dan membuat keputusan yang bagus dengan memeriksakan ke dokter.

Jolie dikenal sebagai artis yang memiliki kepedulian sosial yang tinggi sekaligus memiliki citra perempuan tangguh dan kuat. Tak heran Angelina’s Effect mampu mendorong orang untuk terinspirasi megikuti langkahnya.(pv)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *