Awas, Mie Instan Bukan untuk Dikonsumsi Tiap Hari

mie instan

Gambar: iStockphoto

BojonegoroToday – Mie instan bukan makanan yang bisa dikonsumsi terus-menerus. Pasalnya makanan ini tergolong makanan yang tidak sehat. Kandungan garam yang tinggi, adanya bahan pengawet, penyedap rasa, dan bahan-bahan tambahan yang jika dikonsumsi terus-menerus akan berbahaya bagi tubuh.

Pembahasan tentang bahaya mie instan ini diungkap dalam acara seminar Nutritalk dalam rangka ulang tahun ke-60 Sari Husada di Hotel Hyatt Yogyakarta. Salah satu pembicara adalah Dr Pinky Saptandari MA, yang merupakan Staf pengajar Jurusan Antropologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga Surabaya.

Ia menyatakan bahwa dari studi riset mahasiswanya, ada beberapa keluarga di Indonesia yang dari pagi sampai malam cuma makan makanan siap saji. Salah satu alasannya, mereka mengikuti gaya hidup modern, demikian dilansir dari health.detik.com, Selasa (2/9/2014).

Meskipun pendidikan yang tinggi diharapkan bisa mendorong perilaku gaya hidup sehat, nyatanya tidak semua orang berpendidikan menerapkannya.

Staf Khusus Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tersebut menjelaskan dengan contoh suatu keluarga yang memiliki tingkat konsumsi mie instan sangat tinggi meski sang ibu juga memiliki tergolong berpendidikan. Bahkan tahun ini yang bersangkutan telah meninggal karena kanker usus.

Adanya promosi yang sangat gencar harus diselingi dengan counter attack agar masyarakat tertanam tentang bahaya mie instan jika dikonsumsi terus-menerus.

Dr Pinky juga menyarankan bahwa hidup sehat tidak membutuhkan biaya besar. Salah satu upayanya yakni dengan memelihara kebun sayur di rumah.

Dalam kesempatan yang sama, Prof dr Endang L Achadi, MPH, Dr.PH. dari Departemen Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat UI, menyatakan bahwa banyaknya bahan pengawet dan garam pada mie instan, seharusnya tidak dikonsumsi terus-terusan. Selain itu makanan sebaiknya didominasi sayur dan buah. Atau kalau bisa makanan dimasak sendiri dengan komposisinya seimbang. (pv)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *