Cara Kerja Kafein dalam Kopi yang Membuat Orang Kecanduan

cara kerja kopi yang membuat orang kecanduan

BojonegoroToday – Kopi dikenal sebagai minuman favorit di pagi hari oleh berbagai kalangan. Kemampuan kopi untuk membuat orang selalu terjaga sepanjang hari membuat minuman ini banyak menjadi favorit. Berbagai racikan dari kopi juga semakin beragam, mulai dari kopi tubruk, cappucinno, hingga kopi dengan es krim di atasnya.

Namun demikian selama ini cara kerja kopi masih belum banyak diketahui publik. Dilansir dari Business Insider Jumat (29/8/2014), Mitchell Moffit dan Gregory Brown mengungkap cara kerja kafein kopi dalam sebuah video ASAP Science yang terbaru.

Kelelahan yang dialami tubuh manusia berasal dari molekul yang disebut adenosine, yang diproduksi oleh tubuh. Saat manusia tidur, kadar adenosin menurun secara bertahap sehingga membantu untuk memulihkan tenaga kembali.

Sebaliknya, semakin banyak adenosine yang terbentuk, maka manusia akan semakin mengantuk,demikian diungkap dalam video tersebut.

Kopi pagi mampu menahan kita mengantukkarena kafein memiliki sifat yang sangat mirip dengan adenosin yang ada pada sel-sel otak manusia.

Karena bentuknya yang mirip, kafein dapat mengikat reseptor adenosin di otak. Setelah kafein terkunci ke tempat adenosin yang tepat maka yang terjadi adalah kafein menggeser posisi adenosine, sehingga manusia tidak jadi mengantuk.

Tanpa molekul yang biasanya menyebabkan kelelahan, “stimulan alami kita berjalan liar,” tulis Joseph Stromberg di Smithsonian. Hasilnya? Anda merasa terjaga  untuk sementara waktu.

Namun demikian hal itu tidak selamanya terjadi. Otak manusia pada akhirnya mengetahui trik tersebut. Sehingga ketika adenosine terus diblokir untuk mengikat reseptor, tubuh akhirnya menciptakan lebih banyak reseptor. Artinyaperlu lebih banyak kafein untuk mencukupi kebutuhan tersebut.

Itulah mengapa jika seseorang kecanduan kopi maka ia akan sulit lepas. Tubuh akan semakin butuh lebih banyak kafein untuk membuatnya selalu terjaga.

“Ketika Anda mencoba untuk berhenti minum kopi atau kehilangan asupan harian Anda,” Moffit dan Brown memaparkan, “Anda mungkin mengalami beberapa gejala seperti merasa lebih lelah daripada sebelum Anda pernah minum kopi.”

Tapi kafein tidak lebih dari sekedar memblokir adenosin. Kafein juga dapat memompa kadar adrenalin dan meningkatkan suasana hati anda”

Hal ini mirip dengan kokain, hanya untuk tingkat yang lebih rendah,” kata video tersebut. (pv)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *