Cara Membuat Alat Musik Xylofon dari Botol Air di Rumah

Alat Musik XylofonMembuat alat musik di rumah bisa menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Hal ini juga bisa menjadi hal yang menarik untuk menjadi lebih kreatif atau anda juga bisa mengajarkan musik pada anak melalui cara menarik seperti ini. Kombinasi musik dan ilmu science dapat menghasilkan pengembangan ilmu musik yang luar biasa pada anak. Pada saat yang bersamaan kita memberikan asupan ilmu yang lebih luas untuk mereka pelajari dan pahami. Untuk itu artikel ini mencoba membantu anda dengan memberikan cara membuat xylofon di rumah dengan memanfaatkan air dan botol sebagai medianya.

Materi atau bahan yang perlu disiapkan
Untuk membuat alat musik Xylofon ini, anda perlu menyiapkan beberapa material atau bahan sederhana yang mudah didapat di sekitar anda. Anda bahkan tidak perlu merogoh kocek anda guna mendapatkan barang-barang ini. Materi atau bahan yang bisa anda persiapkan antara lain 5 buah botol air, gelas ukur, air putih dan sendok. Untuk botol anda disarankan untuk memilih botol bulat berdasar rata, bervolume 0,6 liter dan memiliki mulut yang lebar.

Langkah-langkah untuk membuat Xylofon dari air dan botol
Langkah-langkah yang anda perlukan untuk membuat xylofon dari air ini cukup sederhana. Langkah tersebut antara lain sebagai berikut. Pertama, nomori setiap botol yang telah anda siapkan tersebut dengan angka 1 hingga angka 5. Hal ini bertujuan untuk membedakan nada yang akan dihasilkan oleh botol berisi air ini. Kedua, isi botol ini dengan air dalam jumah tertentu. Isi botol 1 dengan air sebanyak 0,56 liter untuk menghasilkan nada F. Isi botol 2 dengan air sebanyak 0,38 liter untuk menghasilkan nada G. Isi botol 3 dengan air sebanyak 0,33 liter untuk menghasilkan nada A. Isi botol 4 dengan air sebanyak 0,24 liter untuk menghasilkan nada C. Isi botol terakhir atau 5 dengan air sebanyak 0,18 liter untuk menghasilkan nada F. Alat musik Xylofon buatan anda ini dapat anda mainkan dengan mengeruknya dengan sendok.

You may also like...