Cara Tepat Menangani Penyakit Stroke

strokeMenangani penyakit stroke bukanlah perkara mudah walaupun masih bisa dilakukan. Butuh kesabaran, kerjasama antara perawat dan pasien serta keuletan dalam menghadapi penyakit stroke. Dalam upaya penanganan stroke hal yang paling penting meliputi tiga unsur tindakan yaitu, pencegahan, pengobatan sesaat sesudah terserang stroke dan rehabilitasi bagi penderita stroke.

Pencegahan stroke dapat dilakukan melalui pola hidup sehat, seperti olahraga dengan teratur, mengurangi makanan yang berlemak, menghindari makanan cepat saji, tidak merokok dan minum minuman beralkohol. Adapun tindakan penanganan sesaat setelah terserang penyakit stroke dilakukan melalui langkah-langkah penting, yaitu airway, breathing dan circulation.

Airway dilakukan untuk membuka jalan pernapasan penderita. Sedangkan breathing bertujuan memberikan bantuan oksigen melalui hidung atau bantuan nafas buatan. Dan circulation dilakukan dengan pemantulan EKG, dimana tindakan ini biasanya dilakukan di rumah sakit.

Penanganan penyakit stroke harus dilakukan dengan segera. Ada istilah golden periode stroke yaitu sebuah masa yang berada di rentang kurang dari 3 hingga 6 jam setelah serangan stroke. Waktu ini menjadi masa untuk penanganan penderita stroke yang paling efektif.

Pada masa tersebut komplikasi masih bisa ditangani jika mendapat perawatan yang benar. Karena itulah bila mendapati penderita stroke, sebaiknya segera membawanya ke dokter atau rumah sakit terdekat. Dan untuk masyarakat Jakarta dan sekitarnya Rumah Sakit Bethsaida Jakarta merupakan salah satu rekomendasi terbaik untuk menangani penyakit stroke. Sebab dengan dukungan tenaga dokter spesialis yang berpengalaman serta perlengkapan medis yang lengkap dan canggih akan mampu menolong seseorang yang terkena serangan stroke dengan baik.

You may also like...