Gaya Hidup Sehat, Kurangi Risiko Demensia

Gaya Hidup Sehat, Kurangi Risiko Demensia

BojonegoroToday – Gaya hidup sangat berpengaruh untuk mengurangi risiko demensia. Dilansir dari Telegraph, Rabu (27/8/2014), penelitian menunjukkan satu dari tiga kasus kondisi dapat dicegah dengan olahraga rutin, tidak merokok dan mengatasi masalah kesehatan seperti obesitas dan diabetes.

Bulan lalu sebuah studi oleh Cambridge University menyarankan bahwa olahraga hanya satu jam seminggu dapat mengurangi kemungkinan penyakit Alzheimer.

Setidaknya ada 5 nasihat penting untuk gaya hidup yang memberikan dampak signifikan dalam rangka meminimalkan risiko penyakit ini.

Berikut ini 5 gaya hidup sehat yang harus dilakukan untuk mencegah demensia:

1. Olahraga

Sudah terbukti bahwa olahraga teratur akan mencegah demensia. Para ilmuwan tidak tahu persis alasan pastinya. Tetapi mungkin dengan olahraga akan membantu mengurangi tekanan darah, mengontrol kolesterol, meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan menjaga berat badan tetap stabil.

2. Diet Mediterania

Makan banyak buah dan sayuran, ikan, minyak zaitun dan kacang-kacangan, sedikit anggur merah dan sedikit daging atau susu.

3. Menjaga dari penyakit lain

Menjaga agar tidak terkena penyakit seperti misalnya diabetes tipe 2 dan tekanan darah tinggi. Kedua jenis penyakit itu meningkatkan risiko demensia, sehingga segera periksakan dan ikuti saran dokter untuk menjaga agar senantiasa terkontrol.

4. Jangan merokok

Kita semua tahu merokok sangat berbahaya dan inilah alasan lain untuk berhenti. Merokok secara signifikan meningkatkan resiko terkena demensia, kemungkinan besar karena kerusakan pembuluh darah dan mengurangi jumlah darah yang menujui otak.

5. Melatih otak

Lakukan aktivitas untuk menstimulasi kinerja otak dengan mengerjakan teka-teki, sudoku,  dan membaca. Aktivitas ini sangat bermanfaat dan populer dalam beberapa tahun terakhir ini. Para ilmuwan percaya bahwa sering melatih otak dengan hal-hal baru adalah kunci meminimalkan risiko pikun dan demensia.

Alternatif lain anda bisa mengembangkan hobi baru, belajar bahasa atau melakukan hal yang membuat otak anda senantiasa aktif. (pv)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *