Makna Bahagia Bagi Anak Inggris Dinilai dari Citra Tubuh dan Kecantikan

 

Makna Bahagia Bagi Anak Inggris Dinilai dari Citra Tubuh dan Kecantikan

BojonegoroToday – Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Children’sSociety mengungkapkan hasil laporan yang memprihatinkan tentang bagaimana anak-anak memandang makna kebahagiaan.

Meski hidup di negara maju dan memiliki standard hidup yang jauh lebih tinggi dibandingkan anak-anak yang hidup di negara dunia ketiga, nyatanya anak-anak Inggris tergolong kurang bahagia. Inggris berada di urutan ke 9 dari 11 negara yang disurvei. Berada di belakang Rumania, Brasil dan Aljazair dan hanya di depan Korea Selatan dan Uganda.

Dilansir dari The Huffingtonpost UK, Kamis (28/8/2014), perhatian utama yang membuat  anak-anak Inggris merasa tidak bahagia adalah masalah penampilan. Survei melaporkan bahwa 13% dari anak-anak Inggris khawatir bagaimana dirinya terlihat.

Salah satu responden berusia 12 tahun mengungkapkan, “ orang-orang menilai dari penampilan, kadang kita tidak bisa senang-senang kecuali jika kita cantik.”

Meskipun perempuan cenderung mampu memandang lebih positif tentang kehidupan sekolah mereka daripada anak laki-laki. Namun kekhawatiran tentang citra tubuh seperti yang biasa ada di media massa membuat mereka memiliki tingkat kebahagiaan yang rendah jika dinilai secara keseluruhan.

HuffPost UK Lifestyle mengatakan,”Temuan dari laporan ini adalah refleksi yang menyedihkan tentang kehidupan anak-anak hari ini. Kita tahu bahwa citra tubuh yang buruk dan harga diri rendah merupakan faktor kunci dalam perkembangan gangguan makan, dan bahwa tekanan sosial dan budaya itu sangat kuat di area ini.”

Dampak dari “dunia yang semakin visual” membuat lebih banyak tekanan pada gadis-gadis muda di masa kini, paparnya. (pv)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *