Membuat Kokedama, Tanaman Gantung dari Jepang Untuk Ruang Apartemen

Anda yang hidup di apartemen pasti memiliki masalah-masalah yang terkait dengan luas ruangan. Sebagaimana kita tahu bahwa ruang apartemen bersifat statis, tidak bisa diperluas tidak seperti rumah pada umumnya. Oleh karena itu anda yang tinggal di apartemen harus memutar otak bagaimana mengatur ruangan agar sesuai dan bisa mengakomodasi segala kebutuhan anda.

Gambar: smallgarden-ideas.com

Hobi berkebun hampir pasti tidak bisa dilakukan bila anda tinggal di apartemen. Tidak mungkin ada kebun didalam apartemen. Salah satu solusi yang bisa diusahakan adalah membuat kebun tanaman gantung, tentu saja ini tidak membutuhkan lahan atau tanah yang banyak, dan semua bahan-bahannya bisa dibeli secara online.

Kokedama, adalah seni tanaman gantung yang berasal dari Jepang. Tanaman yang mungil ini bisa mengobati kerinduan kita untuk berkebun. Tentu saja ini ditanam dengan tanaman sungguhan, media tanah gambut, lumut, dan racikan tertentu. Kita akan belajar bagaimana membuat kokedama sederhana yang cocok untuk apartemen.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Kokedama

  1. Tanaman kecil, pastikan untuk memilih tanaman yang cocok didalam ruangan.
  2. Tanah bonsai
  3. Peat moss / tanah gambut, bisa dicari di toko online, sudah ada yang jual
  4. Tanah liat / lempung
  5. Lumut lembaran
  6. Benang ikat

Cara membuat Kokedama

  1. Campur tanah bonsai, peat moss, dan tanah liat menjadi berbentuk bola, usahakan rasio takarannya 70% untuk tanah bonsai, dan 30% untuk campuran tanah liat dan peat moss. Basahi campuran tadi dengan air sehingga setiap bahan menyatu semuanya. Usahakan membuat media yang tidak akan jatuh ketika digantung, namun tidak terlalu padat agar tanaman bisa bernafas.
  2. Buat lubang pada media yang telah dibuat dengan jari. Bersihkan tanah yang menempel pada akar sebelum dimasukkan pada media tanam.
  3. Balut media tanam tadi dengan lembaran lumut (sheet moss). Tekan dengan perlahan sehingga media tanam terbalut semua. Tidak perlu khawatif bila lumut tidak lengket, nanti kita bisa mengikatnya dengan benang.
  4. Bungkus media tanam dengan benang pengikat, pastikan semua sisinya terikat, dari atas-bawah hingga kiri-kanan. Jangan lupa untuk menyisakan benang yang agak panjang untuk menggantung kokedama.
  5. Gantung kokedama di tempat yang agak kurang sinar matahari, basahi dengan air. Bila ingin menyiram, benamkan bola kokedama kedalam air dan diamkan antara 5-10 menit.

Anda sekarang sudah memiliki kokedama, tanaman gantung dari Jepang yang cocok untuk memperindah apartemen anda. Ruang apartemen anda sekarang terlihat natural dengan adanya tanaman hias ini. Bila anda tinggal di Casa Grande Residence apartemen di Jakarta Selatan, kokedama ini pasti cocok sekali!

Inspirasi : http://www.apartmenttherapy.com/how-to-make-kokedama-hanging-gardens-for-small-spaces-243697

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *