Mengenal Snare dan Bass pada Alat Musik Drum

Drum mungkin merupakan alat musik yang memiliki sejarah sepanjang sejarah manusia itu sendiri namun drum zaman kuno hanya terdiri dari satu macam saja dan tidak sama dengan drum modern yang kita kenal sekarang ini. Drum modern merupakan alat musik yang terdiri dari berbagai banyak alat yang menjadi satu kesatuan yang bisa menciptakan irama untuk berbagai jenis musik. Tentunya setiap alat tersebut memiliki fungsi yang berbeda satu sama lain. Dalam artikel kali ini kita akan melihat 2 diantaranya yaitu bagian Snare dan juga bagian bass pada alat musik drum

Bagian Snare pada Alat Musik Drum
Snare adalah bagian terpenting dan juga vital dalam sebuah alat musik drum sebab snarelah yang merupakan bagian yang menentukan cepat lambatnya ketukan saat sedang bermain drum. Snare juga terdiri dari berbagai jenis serta berbagai ukuran. Ukuran snare bisa dimulai dari 10 inci sampai 15 inci. Pada bagian snare pun masih ada bagian lainnya yang terpenting yaitu yang disebut dengan stainer atau snare wire. Bagian ini terdapat dibagian bawah dari snare dan dirapatkan ke arah snare yang akan menghasilkan suara yang keras atau nyaring saat snare dipukul di bagian atas. Jenis-jenis dari snare antara lain: snare biasa, snare tebal dan snare tipis (Piccolo snare serta Soprano snare).

Bagian Bass pada Alat Musik Drum
Bass drum juga merupakan bagian alat musik drum yang tidak kalah pentingnya dengan snare drum. Fungsinya pun serupa dengan snare drum yaitu untuk menentukan ketukan dari sebuah lagu. Biasanya drum diletakkan dibagian kaki dan dimainkan dengan menggunakan kaki bagian kanan. Namun bisa juga bass dimainkan dengan menggunakan kedua kaki jika anda menggunakan double pedal. Pedal sendiri merupakan alat pembantu untuk memukul bass drum tersebut. Awalnya, drum hanya memakai bass drum berukuran besar yaitu 26 inci dan 28 inci yang merupakan ukuran bass yang dipakai di dalam sebuah marching band namun sejalan dengan perkembangannya, sebuah bass drum sekrang ini bisa berukuran lebih kecil yaitu mulai dari 24 inci yang digunakan dalam sebuah musik rock hingga yang terkecil berukuran sekitar 14 inci.

You may also like...