Menghilangkan Jerawat Bisa Dilakukan dari Rumah

Menghilangkan Jerawat Bisa Dilakukan dari Rumah

BojonegoroToday  – Anak-anak yang mulai menginjak masa remaja biasanya bingung saat menghadapi problema masalah kulit seperti jerawat. Apalagi jika munculnya di bagian wajah.

Anak-anak remaja memang biasanya memiliki jenis kulit yang lebih berminyak. Kinerja hormon sangat berpengaruh dalam hal ini. Selain itu faktor lain yang menyebabkan jerawat juga karena makanan, kurang bersih dalam merawat wajah, serta faktor genetik turut mempengaruhi datang-perginya jerawat di wajah.

Dilansir dari sofeminine, Senin (1/9/2014) berikut ini cara menghilangkan jerawat secara alami hanya dengan bahan-bahan alami yang bisa ditemukan di rumah.

Strawberry – Strawberry mengandung Alpha Hydroxy Acid (AHA)  dan Vitamin C dosis tinggi serta asam salisilat yang terkenal sebagai bahan untuk merawat kulit yang berjerawat.

Manfaat menggunakan masker buah ini adalah pori-pori kulit akan semakin kecil, sel-sel kulit mati akan pergi, dan manfaat lain adalah bisa meminimalkan sebum.

Tips: Kombinasikan strawberry dengan yoghurt. Haluskan tiga buah strawberry lalu campurkan dengan tiga sendok makan yoghurt. Gunakan sebagai masker, diamkan selama 15 menit lalu bilas.

Madu Murni – Madu organik bisa digunakan sebagai antibakteri yang bermanfaat untuk kulit. Selain itu antiseptik yang terkandung di dalamnya juga bisa digunakan untuk membasmi bakteri, membersihkan dan membantu penyembuhan kulit yang rusak. Buat masker dengan mengkombinasikannya dengan susu, untuk mendapat hasil maksimal.

Susu – Susu juga sangat bagus untuk kulit. Kandungan dalam susu dapat berfungsi sebagai pembersih wajah, membantu membuat wajah lembab dan juga menghilangkan sel-sel kulit mati.

Konon, Cleopatra si ratu Mesir juga menggunakan susu untuk rahasia perawatan kulit cantik. Mandi susu bukan hanya akan melembutkan dan membersihkan kulit dari ujung kepala hingga ujung kaki. Namun susu juga akan melindungi kulit dan membuat kulit nyaman jika iritasi.

Tips: Kombinasikan satu sendok the susu dan satu sendok teh madu, lalu gunakan untuk wajah. Setelah 10 hingga 15 menit, bilas dengan air. Madu dan susu bisa menghilangkan bakteri penyebab jerawat.

Putih Telur – Putih telur mampu mengencangkan kulit dan memiliki efek toning, mengecilkan pori-pori, dan meminimalkan minyak berlebih di kulit. Putih telur mengandung enzim yang membunuh bakteri penyebab jerawat, mampu mengencangkan kulit dan bisa digunakan untuk membuat kulit terasa lebih lembut.

Tips: Bila kulit berjerawat, maka perawatan yang bisa dilakukan adalah ambil putih telur dan usapkan ke wajah. Biarkan hingga kering. Lalu bilas dengan air hangat. Setelah bersih bilas lagi dengan air dingin untuk mengencangkan kulit. Lakukan rutin agar hasil maksimal.

Minyak Kelapa (Coconut Oil) – Minyak kelapa mengandung bahan Capric Acid dan Lauric Acid yang bermanfaat sebagai bahan anti-mikrobakteri dan anti-mikroba. Bahan alami ini sama dengan yang terkandung dalam ASI, yang mampu melindungi bayi dari infeksi.

Minyak kelapa juga memiliki manfaat untuk menghilangkan noda jerawat, kandungan vitamin E dan anti-inflamatori di dalamnya mampu menyeimbangkan sebum dan membuat kulit yang iritasi terasa nyaman. Ini salah satu alasan mengapa perawatan kulit jerawat juga bisa dengan minyak kelapa ini. Syaratnya minyak kelapa yang dipakai harus yang virgin coconut oil (VCO).

Tips: Usapkan 1 sendok the VCO murni ke wajah setelah dibersihkan.  Biarkan semalam dan bilas keesokan harinya. Hasilnya dalam beberapa minggu jerawat akan berkurang dan kulit akan terasa lebih kenyal.(pv)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *