Menyiapkan Hari Pertama Anak Bersekolah

hari pertama masuk sekolah

BojonegoroToday – Bersekolah untuk pertama kali adalah langkah besar untuk setiap anak. Sebagai orang tua, ada cara untuk membuat selalu merasa nyaman untuk memulai saat-saat belajar di sekolah. Ada tips-tips yang bisa dilakukan sebagaimana dilansir dari Mirror Online, Sabtu (30/8/2014).

Sebelum sekolah dimulai sangat penting untuk melakukan beberapa hal berikut ini:

Persiapan. Pastikan anda sudah menyiapkan berbagai macam hal yang diperlukan di hari pertama anak bersekolah. Kalau perlu libatkan si kecil dalam mengambil keputusan. Misalnya, memilih kotak makanan yang mana yang akan dibawa? Hal ini akan membantu mereka untuk menyambut hari sekolah pertamanya dengan gembira.

Beri tahu anak tentang sekolah. Jelaskan pada anak anda tentang aturan sekolah, rutinitas, dan jadwal sehingga mereka tahu apa yang bisa dilakukan nantinya. Beri tahu juga bahwa di sekolah ada guru yang bisa membantu. Atau agar mereka merasa nyaman, anda bisa juga ceritakan tentang pengalaman sekolah anda dulu kepada si kecil.

Ajak ke sekolah agar mereka bisa lebih familiar. Ajak ke area sekolah anak anda dan eksplorasi apa yang ada di sana, mulai dari bangunannya, taman-taman, permainan, ruang-ruangnya ketika suasana sekolah sepi dan tidak ada orang.

Pastikan semua siap sejak malam harinya. Anda bisa menyiapkan barang-barang ke dalam tas anak sejak malam hari, tidur lebih awal, dan esok harinya bisa mengajak anak ke sekolah dengan lebih santai tanpa harus terburu-buru.

Mengatasi kecemasan si kecil. Beri tahu si kecil bahwa anda akan kembali untuk menjemputnya setelah jam sekolah usai. Mintalah dia untuk bercerita tentang apa yang dilakukan selama di sekolah, dan dorong dia untuk menyukai sekolahnya termasuk teman-teman dan gurunya.

Saat Pulang. Pastikan anda tidak terlambat menjemput si kecil, untuk mengantisipasi agar dia tidak cemas karena orang tuanya tidak ada. Siapkan waktu untuk mendengar cerita anak anda tentang sekolah dan hal-hal yang membuatnya cemas tentang sekolahnya. Buat waktu berkualitas agar mereka merasa nyaman untuk kembali ke sekolah esok harinya. (pv)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *