Merawat Batik Agar Senantiasa Indah dan Awet

 Merawat Batik Agar Senantiasa Indah dan Awet

Foto: Unesco

BojonegoroToday – Fashion batik semakin banyak dipakai oleh orang Indonesia dan luar Indonesia. Apalagi setelah batik menjadi salah satu warisan budaya Indonesia maka popularitas fashion batik hampir bsa ditemukan di berbagai item. Mulai dari pakaian, gaun, kemeja, sepatu, bahkan tas.

Agar keindahan motif batik tetap terjaga ada sejumlah cara yang harus dilakukan. Dikutip dari vemale, Jumat (19/9) batik bisa kehilangan motifnya yang indah jika salah dalam hal perawatan dan pencuciannya. Inilah sejumlah cara agar batik senantiasa awet dan cantik dipakai:

Cuci dengan tangan

Mencuci dengan mesin cuci untuk kain atau baju batik bisa merusak struktur kain. Bahkan putaran mesin cuci yang terlalu bisa membuat warna dan corak batik cepat luntur.

Cuci dengan shampoo

Cuci dengan shampoo karena deterjen biasa mengandung bahan yang lebih keras dan bisa membuat kain cepat luntur. Campurkan 10 ml sampo dengan 10 L air, rendam batik dalam larutan tersebut. Ada juga deterjen khusus untuk kain batik namun demikian harganya jelas lebih mahal.

Cuci dengan air hangat

Bila baju batik terkena kotoran atau noda yang sangat membandel, cobalah untuk mencucinya dengan air hangat dan sabun. Jika noda masih menempel, Anda dapat mencoba menggunakan kulit jeruk pada bagian yang terkena noda.

Cara menjemur batik yang benar

Setelah batik dicuci, peras kain atau baju tersebut tanpa menggunakan pengering. Jemur di tempat yang tidak terkena panas matahari secara langsung. Setelah itu jangan lupa untuk menarik perlahan bagian ujungnya agar seratnya kembali lurus dan normal. (pv)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *