Minum Susu Bisa Kurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Minum Susu Bisa Kurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Foto: Alamy/ theGuardian

BojonegoroToday – Studi menunjukkan bahwa konsumsi produk susu yang tinggi lemak bisa menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Para tim peneliti dari Lund University Diabetes Center di Malmö, Swedia merilis laporan dengan hasil bahwa orang-orang dengan konsumsi produk susu yang tinggi ternyata mampu mengurangi potensi berkembangnya diabetes tipe 2 hingga 23 persen.

Dr. Ulrika Ericson, pemimpin riset tersebut mengungkapkan bahwa yang menjadi pertanyaan adalah darimana lemak itu berasal. Jika lemak tak jenuh diperoleh dari produk susu maka akan bermanfaat. Di sisi lain jika lemak jenuh didapat dari daging merah maka hal itu malah meningkatkan risiko penyakit.

Penelitian berskala besar dilakukan dalam rentang waktu 14 tahun dan melibatkan 26.930 orang yang 60 persen di antaranya adalah perempuan berusia 45 hingga 74 tahun.

Setelah menyesuaikan data mereka untuk faktor-faktor seperti BMI, tingkat aktivitas fisik dan merokok yang dapat mempengaruhi risiko peserta, peneliti pun mengadakan riset kepada para peserta diet dan memiliki sejumlah kesimpulan.

Misalnya, konsumsi produk susu seperti krim dalam kadar 30 ml atau lebih setiap satu hari menghasilkan 15 persen penurunan risiko untuk penyakit ini, sementara konsumsi yoghurt susu sebanyak 180 ml ​​per hari menghasilkan pengurangan risiko 20 persen.

Tim peneliti Swedia mempresentasikan  hasil laporan temuan ini hari Senin (15/9/2014) pada pertemuan tahunan Asosiasi Eropa untuk Studi Diabetes di Wina, Austria.

Sebuah studi bersamaan juga menyatakan bahwa proporsi asupan susu yang cukup dalam setiap hari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Para peneliti dari CHU de Québec Research Center dan Laval University di Kanada mencatat bahwa asupan susu yang cukup per hari dapat bermanfaat bagi kesehatan metabolik. (PV/AP)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *