Pernafasan Yoga Bisa Redakan Stress

Pernafasan Yoga Anti Stress

Gerakan pernafasan yoga

BojonegoroToday – Teknik pernafasan yoga ternyata bisa meredakan stress hingga 70%, sebagaimana yang diungkapkan oleh Ritu Baveja, pakar yoga dari India. Anda bahkan bisa menerapkan teknik pernafasan ini sehari hari.

Untuk mengurangi stress, Baveja mengajarkan cara menarik nafas sebagai terapi, sebagaimana yang dia ajarkan pada sesi yoga Salon dan Spa Martha Tilaar di Kuningan Jakarta pada Jumat (10/10/2014). Caranya yaitu dengan menarik nafas dalam-dalam lewat hidung dan disimpan dalam perut, lalu menghembuskannya secara perlahan lewat mulut, teknik ini perlu dilakukan berulang-ulang.

Teknik pernafasan lain yang bisa dicoba yaitu, taruh jari telunjuk dan jari tengah diatas dahi sejajar dengan alis, sedangkan ibu jari menutup lubang hidung. Mulai bernafas dengan 1 lubang, ketika mengeluarkannya melalui lubang hidung satunya, dengan menutup lubang hidung ketika menarik nafas. Lakukan berulang-ulang hingga stress hilang.

Selain teknik pernafasan diatas, Anda juga bisa mencoba gerakan yoga untuk menghilangkan stress. Caranya dengan menetralkan terlebih dahulu emosi sedih, tertekan, marah, dan sebagainya. Kemudian berbaring telungkup sambil menaruh kedua tangan di sebelah dada, tarik kepala keatas pelan-pelan, gerakan ini mirip seperti ular kobra.

Anda bisa mencoba teknik pernafasan dan gerakan anti-stress yoga dimanapun dan kapanpun. Lakukan berulang-ulang hingga tubuh merasa lebih rileks. (pv)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *