Perpaduan Kinetic Art dan Yoga? It’s Awesome!

Bagaimana jadinya ya jika karya seni dipadupadankan dengan olahraga? Nadi-Kinetics of Yoga membuktikan bahwa karya kinetic art sangat bisa kok dipadukan dengan berbagai macam gerakan yoga. Perpaduan seni kinetik dan yoga ini merupakan proyek baru dari studio seni bernama TimeBlur di Bangalore, India.

kinetic art

Penciptaan karya kinetic art ini memiliki misi untuk menggabungkan teknologi mutakhir dengan berbagai gerakan yoga dan ritual kuno di India. Perpaduan kinetic art dan yoga ini bertujuan untuk menjelaskan gerakan yoga kuno di India. Seperti kita ketahui bahwa yoga mulai ada sejak abad 3000 SM dan berasal dari kebudayaan India Kuno. Maka tak heran, jika gerakan yoga yang sekarang sering kita praktekkan menyerupai para dewa yang disembah orang-orang India.

Terlepas dari sejarah yoga, proyek baru yang bernama Nadi-Kinetics of Yoga ini seolah mengejewantahkan posisi yoga yang umum, seperti Sun Salutation dan Tree Pose diikuti permainan digital yang interaktif.

Dalam operasinya, sebuah kinect camera akan otomatis membaca setiap gerakan yoga menjadi model digital abstrak yang diproyeksikan pada layar di dekatnya. Visualisasi ini nampak seperti sinar laser yang bergerak mengikuti gerakan yoga itu sendiri.

Rancangannya ini diprogram melalui kode-kode tertentu, sehingga gelombang yang berwarna-warni tersebut mampu mengikuti gerakan yoga yang disuguhkan. Gelombang seperti sinar laser tersebut bergerak dengan indahnya mengikuti berbagai pose yoga yang dicontohkan oleh manusia.

Sungguh perpaduan kinetic art dan yoga yang mengagumkan. Ditambah cahaya yang redup, pergerakan yoga yang diikuti gerakan cahaya nan cantik semakin memperlihatkan pose-pose yoga yang ritmis dan dinamis. Menurut TimeBlur, proyek Nadi- Kinetics of Yoga merupakan penjabaran digital bahwa teknik olah tubuh dan pernapasan pada yoga juga bisa dinikmati dan dirasakan secara visual.

You may also like...