Strategi Agar Anak Cerdas

family drawing money house clothes and video game symbol on the

BojonegoroToday – Anak cerdas adalah impian setiap orang tua. Bagaimana langkah mendidik anak agar bisa menjadi anak cerdas? Dilansir dari AyahBunda, berikut ini strategi yang bisa anda terapkan di rumah.

1. Eksplorasi lingkungan dengan bebas namun dengan pengawasan.

Eksplorasi dan bermain dengan sekitar dapat meningkatkan keingintahuan anak terhadap berbagai hal. Mereka juga akan menjadi lebih aktif. Hal ini bagus untuk menambah wawasannya terhadap dunia di luar rumahnya.

2. Ajak si Kecil mengenal pengetahuan tentang dunia.

Caranya dengan memberikan fasilitas dan ceritakan apa saja yang sekiranya bermanfaat untuk masa depan kelak tentang dunia beserta seluruh aspek kehidupan. Ia akan memiliki cakrawala baru dengan dunia yang ada di sekitarnya.

3. Bacakan buku yang bermanfaat dengan tepat dan jelas.

Hal, ini bukan saja akan menumbuhkan minat baca si Kecil, tetapi juga akan menambah pengetahuan dari buku tersebut. Sering membacakan buku juga bisa akan membuat si kecil dekat dengan anda.

4. Beri contoh yang baik.

Karena anak adalah peniru ulung, maka anda harus senantiasa hati-hati jika bersikap dan berperilaku. Jadilah role model terbaik untuk anak anda dalam kehidupan sehari-hari agar anak juga terbiasa berbuat baik.

5. Ajukan pertanyaan untuk anak anda.

Anda bisa sering mengajak anak anda untuk berdiskusi atau tanya jawab terkait hal-hal sederhana, misalnya tentang kegiatan liburan yang ia sukai, atau tentang warna tas yang akan dia pakai untuk sekolah. Tanyakan sesuai dengan usia anak agar mereka terbiasa berpikir dan tidak menjadi anak yang pasif.

6. Latih untuk mengambil keputusan.

Untuk kasus-kasus tertentu ada baiknya anda membiasakan si kecil untuk mengambil keputusan agar ia belajar tanggung jawab dan sebab-akibat. Melatih anak untuk mengambil keputusan juga akan memicu anak untuk belajar berpikir analitis dengan merangkaikan hal-hal yang sudah dipelajari dan dipahaminya.

7. Ajak si kecil bersosialisasi.

Anak perlu memiliki kesempatan bersosialisasi dengan sekitarnya karena akan memperkaya pengalaman emosional anak, serta untuk belajar dalam mengekspresikan perasaannya. Apabila anak memiliki kecerdasan emosional anak yang baik, maka akan semakin baik pula konektivitas antar sel-sel saraf pada otaknya.

8. Cukupi kebutuhan gizinya.

Beri anak anda nutrisi penting untuk otak. Salah satunya dengan memberikan makanan yang termasuk bagian dari brain food. Beri anak makanan dengan sumber protein yang baik agar kemampuan berkonsentrasi, berpikir dan kewaspadaan juga semakin meningkat.

9. Ajak olah raga.

Mengajak anak olah raga atau latihan fisik akan membuat tubuh anak sehat sekalligus cerda. Karena aktivitas ini akan merangsang produksi hormon untuk sel saraf (nerve growth factor). Dengan tubuh sehat, anak memiliki kesempatan luas untuk belajar berbagai hal, serta mampu mengeksplorasi potensi kecerdasan dengan optimal. Selain itu sirkulasi oksigen, gula dan zat gizi menjadi lancar ke seluruh tubuh dan otak si kecil jika melakukan olah raga. (pv)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *